Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asas-asas Kewarganegaraan

Asas-asas Kewarganegaraan

            Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 tahun 2006 bahwa untuk memenuhi tuntutan masyarakat dan melaksanakan amanat Undang-undang Dasar 1945, maka asas-asas kewarganegaraan meliputi asas kewarganegaraan umum atau universal, yaitu asas sanguinis, ius soli dan campuran. Adapun asas-asas yang dianut dalam Undang-Undang No. 12 tahun 2006 adalah berikut ini.
a.       Asas Ius Soli (Law of The Soli)
Asas ius soli adalah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan negara tempat kelahiran. Bagi negara Indonesia, penentuan yang diberlakukan terbatas bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam undang-undang (asas ius soli secara terbatas).
b.      Asas ius sanguinis (Law of The Blood)
Asai ius sanguinis adalah penentuan kewarganegaraan berdasarkan keturunan atau pertalian darah. Artinya, penentuan kewarganegaraan berdasarkan kewarganegaraan orang tuanya, bukan berdasarkan negara tempat kelahiran.
c.       Asas Kewarganegaraan Tunggal
Asas kewarganegaraan tunggal adalah asas yang menentukan satu kewarganegaraan bagi setiap orang.
d.      Asas Kewarganegaraan Ganda Terbatas
Asas kewarganegaraan ganda terbatas adalah asas menentukan kewarganegaraan ganda bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam undang-undang ini.
            Undang-undang ini pada dasarnya tidak mengenal kewarganegaraan ganda (bipatride) mauun tanpa kewarganegaraan (apatride). Kewarganegaraan ganda yang diberikan kepada anak dalam undang-undang ini merupakan suatu pengecualian.
            Namun ada, suatu negara dalam menentukan kewarganegaraannya hanya mengguanakan asas ius soli atau ius sanguinis saja, maka akan mengakibatkan dua kemungkinan yang terjadi, yaitu bipatride atau apatride. Bipatride (dwi kewarganegaraan), yaitu kewarganegaraan rangkap atau ganda. Dengan demikian mengakibatkan ketidakpastian status orang yang bersangkutan dan kerumitan administrasi tentang kewarganegaraan tersebut. Apatride (tanpa kewarganegraan), yaitu seseorang tanpa memiliki kewarganegaraan. Dengan demikian, keadaan apatride ini mengakibatkan seseorang tidak akan mendapat perlindungan dari negara manapun juga.
            Contoh negara yang menerapkan ius soli adalah Amerika Serikat, sedangkan yang menerapkan asas ius sanguinis adalah Cina.seorang warga negara Cina melahirkan anak di Amerika Serikat, menurut asas yang dianut oleh masing-masing negara tersebut memiliki 2 kewarganegaraan, yaitu warga negara Amerika dan warga negara Cina.sebaliknya warga negara Amerika yang melahirkan seorang anak di Cina menurut asas tersebut tidak memiliki kewarganegaraan (apatride).
            Untuk mengatasi kesulitan tersebut diatas diadakan perundingan dengan negara lain. Oleh karena itu, untuk menentukan kewarganegaraan seseorang terdapat 2 macam stelsel, yaitu stelsel pasif dan stelsel aktif.
            Stelsel pasif adalah semua penduduk diakui sebagi warga negara, kecuali dia menyatakan menolak menjadi warga negara atau hak repudiasi.
            Stelsel aktif adalah untuk menjadi warga negara, seseorang harus menggunakan hak opsi atau hak untuk menjadi warga negara.
            Pada penyelesaian masalah kewarganegaraan menurut salah satu keputusan KMB dipergunakan stelsel aktif dengan hak opsi untuk penduduk Indonesia keturunan Eropa dan stelsel pasif dengan hak repudiasi untuk penduduk Indonesia keturunan timur asing. Namun kini penyelesaian masalah dari kewarganegaraan atau nonkewarganegaraan telah diatur dengan jelas dalam Undang-Undang kewarganegaraan RI Nomor 12 tahun 2006.
e.       Asas Kewarganegaraan Lainnya
Selain asas tersebut diatas, beberapa asas juga menjadi dasar penyusunan Undang-Undang tentang kewarganegaraan Republik Indonesia.
1.      Asas kepentingan nasional adalah asas yang menentukan bahwa peraturan kewarganegaraan mengutamakan kepentingan nasional Indonesia, yang bertekadmempertahankan kedaulatan sebagai negara kesatuan yang memiliki cita-citanya sendiri.
2.      Asas perlindungan maksimum adalah asas yang menentukan bahwa pemerintah wajib mmberikan perlindungan penuh kepada setiap warga negara Indonesia dalam keadaan apapun baik di dalam maupun di luar negeri.
3.      Asas persamaan didalam hukum dan pemerintahan adalah asas yang menentukan bahwa setiap warga negara Indonesia mendapatkan perlakuan yang sama di dalam hukum dan pemerintah.
4.      Asas kebenaran substantif adalah prosedur kewarganegaraan seseorang tidak hanya bersifat administratif, tetapi juga substantif dan syarat-syarat permohonan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
5.      Asas nondiskriminatif adalah asas yang tidak membedakan perlakuan dalam segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara atas dasar suku, ras, agama, golongan, jenis kelamin dan gender.
6.      Asas pegakuan dan penghormatan atas hak asasi manusia adalah asas yang sama dalam segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara harus menjamin, melindungi dan memuliakan hak asasi manusia pada umumnya dan hak warga negara pada khususnya.
7.      Asas keterbukaan adalah asas yang menetukan bahwa dalam segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara harus dilaksanakan secara terbuka.
8.      Asas publisitas adalah asas yang menentukan bahwa seseorang yang memperoleh atau kehilangan kewarganegaraan Republik Indonesia diumumkan dalam berita negara Republik Indonesia agar masyarakat mengetahuainya.


Post a Comment for "Asas-asas Kewarganegaraan"