Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan Cooprative Learning

Tujuan Cooprative Learning
Seperti uraian yang mengkaitkan bahwa pembelajaran kooperatif membantu siswa dalam membangun sendiri pengetahuan mereka maka dapat diketahui bahwa tujuan daripada pembelajatran kooperatif ini sendiri adalah untuk membangun kemampuan dan pengetahuan siswa melalui pengalaman belajar dan pembelajaran yang bermakna demi tercapainya tujuan pembelajaran yang menekankan peran mereka dalam kelompok-kelompok belajar yang saling berinteraksi.
Tujuan pembelajaran kooperatif dijelaskan Nur Asma (2006:12-14) menyatakan tujuan pembelajaran kooperatif bertujuan untuk pencapaian hasil belajar, penerimaan terhadap keragaman dan pengembangan keterampilan sosial.
Model Cooperative Learning dikembangkan untuk mencapai tiga tujuan sebagai berikut.
a. Hasil belajar akademik
Dengan Cooperative Learning siswa dapat bertukar pendapat dan saling mengajari satu sama lain. Hal ini dapat menguntungkan semua siswa, baik yang berprestasi tinggi maupun berprestasi lebih rendah karena mereka dapat mengerjakan semua tugas yang diberikan dalam kelompok sehingga akan meningkatkan prestasi akademik mereka.
b. Toleransi dan penerimaan terhadap keanekaragaman
Cooperative Learning memberikan kesempatan kepada siswa dengan latar belakang prestasi akademik, budaya, kelompok sosial maupun ras untuk belajar saling menghargai satu sama lain.
c. Pengembangan keterampilan sosial
Komponen-komponen dalam ketrampilan sosial dijelaskan oleh Agus Suprijono (2009:61) beberapa komponen keterampilan sosial adalah “kecakapan berkomunikasi, kecakapan bekerja kooperatif dan kolaboratif, serta solidaritas.”
Selain itu menurut Trianto (2010: 58) “ Dengan penerapan Cooperative Learning siswa akan dilatih keterampilan sosialnya dengan cara mengemukakan pendapat, menerima saran dari teman, serta bekerjasama dalam mencari pemecahan masalah yang dihadapi siswa dalam kelompoknya saat proses pembelajaran.”
Pembelajaran kooperatif disusun dalam sebuah usaha untuk meningkatkan partisipasi siswa, memfasilitasi siswa dengan pengalaman sikap kepemimpinan dan membuat keputusan dalam kelompok, serta memberikan kesempatan pada siswa untuk berinteraksi dan belajar bersama-sama siswa yang berbeda latar belakang.
Dari uraian di atas dapat saya diringkas bahwa tujuan dari cooperative learning adalah membangun pengetahuan dan mental siswa dan juga mengembangkan ketrampilan dalam bidang pengetahuan, ketrampilan sosial, dan rasa toleransi mereka, dan hal ini sangat dibutuhkan guna membangun pengetahuan yang mempunyai kualitas karakter yang baik.

3. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stray Two Stay ( TSTS)
a. Definisi
Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah model kooperatif tipe two stay two stray (dua tinggal dua tamu) yang dikembangkan oleh Spencer Kagan pada tahun 1992 dan bisa digunakan bersama dengan model kepala bernomor  (numbered heads).
Model pembelajaran kooperatif tipe two stray two stay adalah metode pembelajaran yang sangat khas dan fleksibel, dikatakan khas karena model pembelajaran ini memiliki keunikannya tersendiri dimana dua orang tinggal sedangkan yang lain bepencar dalam satu kelompok yang terdiri dari empat orang tersebut, hal ini sangatlah membantu siswa dalam melakukan interaksi dengan kelompok lain dan dapat meningkatkan hail belajar mereka dalam kognitif, afektif dan psikomotor mereka. Selain itu, metode ini dikatakan fleksibel dikarenakan metode pembelajaran two stay two stray ini dapat digunakan disemua mata pelajaran terlebih mata pelajaran yang banyak menonjolkan sikap afektif seperti Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Hal ini sangat didukung oleh beberapa ahli diantaranya adalah
Dikemukakan oleh Samsul Ma’rif ( 12 November 2013 diakses melalui Internet di Asrama Prahlada dan Kuntidevi pukul 6:46 WIB melalui (http://sam-edogawa.blogspot.com/2012/11/metode pembelajaran-tsts-two-stay-two.html) menyatakan bahwa  “metode two stay two stray (dua tinggal dua tamu) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada kelompok membagikan hasil dan informasi kepada kelompok lain.”
Selain itu menurut Sugiyanto (2009: 54) berpendapat bahwa “Metode dua tinggal dua tamu (two stay two stray) memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lain.”
Model pembelajaran kooperatif juga membuat Lie (2008) mendefinisikan bahwa
Model pembelajaran two stay two stray (dua tinggal dua tamu) merupakan suatu model pembelajaran dimana siswa belajar memecahkan masalah bersama anggota kelompoknya, kemudian dua siswa dari kelompok tersebut bertukar informasi ke dua anggota kelompok lain yang tinggal.
                       
            Definisi tentang model pembelajaran TSTS dapat diringkas bahwa model pembelajaran ini model pembelajran dengan cir khas pada kegiatan tinggal dan berpencar dimana kelompok saling berinteraksi satu sama lain.
Beberapa ahli juga menambahkan diantaranya, menurut Jarolimek dan Parker dalam Isjoni (2009:101) menyatakan bahwa “Cooperative learning tipe two stray two stay memperhatiakn kemapuan akademis siswa. Guru membentuk kelompok heterogen dengan alsan memberi kesempatan siswa saling mengajar, mendukung, berinteraksi, dan memecahkan maslah.”
Menurut uraian para ahli di atas dapat diringkas bahwa metode pembelajaran two stray two stay adalah pembelajaran yang mengembangkan kemampuan siswa melalui kelompok yang bertukar informasi yaitu menerima dan memberi infomasi serta mampu menyimpulkan apa yang mereka berikan dan apa yang mereka terima.


b. Ciri-ciri Model Pembelajaran Two Stay Two Stray
Ciri-ciri model pembelajaran TSTS, yaitu:
a. Siswa bekerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menuntaskan materi belajarnya.
b. Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah.
c. Bila mungkin anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku, jenis kelamin yang berbeda.
d. Penghargaan lebih berorientasi pada kelompok dari pada individu

c. Tujuan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray
Model pembelajaran ini siswa dihadapkan pada kegiatan mendengarkan apa yang diutarakan oleh temannya ketika sedang bertamu, yang secara tidak langsung siswa akan dibawa untuk menyimak apa yang diutarakan oleh anggota kelompok yang menjadi tuan rumah tersebut. Dalam proses ini, akan terjadi kegiatan menyimak materi pada siswa.
Model pembelajaran kooperatif TSTS ini memiliki tujuan yang sama dengan pendekatan pembelajaran kooperatif yang telah di bahas sebelumnya. Siswa diajak untuk bergotong royong dalam menemukan suatu konsep. Penggunaan model pembelajaran kooperatif TSTS akan mengarahkan siswa untuk aktif, baik dalam berdiskusi, tanya jawab, mencari jawaban, menjelaskan dan juga menyimak materi yang dijelaskan oleh teman. Selain itu, alasan menggunakan model pembelajaran two stay two stray ini karena terdapat pembagian kerja kelompok yang jelas tiap anggota kelompok, siswa dapat bekerjasama dengan temannya, dapat mengatasi kondisi siswa yang ramai dan sulit diatur saat proses belajar mengajar.
Dengan ini disimpulkan bahwa tujuan dari model pembelajaran two stay two stray adalah untuk melatih keaktifan siswa dalam kegiatan meyimak dan bertamu agar mereka mampu menemukan konsep materi yang dipelajari serta  menjadi aktif dalam diskusi, bertanya, menjawab serta mampu berbagi dengan kelompok yang lain.

d. Langkah-langkah model pembelajaran Two Stay Two Stray
1. Dijelaskan langkh-langkah model TSTS menurut Tamu dalam Lie (2002:60-61) Adapun langkah-langkah model pembelajaran dua tinggal dua pergi adalah sebagai berikut.
a. Siswa bekerja sama dalam kelompok berempat seperti biasa.
b. Setelah selesai, dua siswa dari masing-masing kelompok akan meninggalkan kelompoknya dan masing-masing bertamu ke kelompok yang lain.
c. Dua siswa yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka.
d. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.
e. Kelompok mencocokkan dan membahas hasil-hasil kerja mereka.          
1.    Selain itu menurut Nurjanah (2012) adapun langkah-langkah pembelajaran two stay two stray, yaitu:
a.    Siswa bekerja alam kelompok yang beranggotakan empat orang.
b.    Setelah selasai, dua orang dari masing-masing kelompok meninggalkan kelompoknya untuk kemudian bertemu dengan kelompok yang lain.
c.    Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi yang mereka miliki kepada tamu yang datang ke kelompok mereka.
d.   Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka masing-masing dan melaporkan temuan mereka yang diperoleh dari kelompk yang lain.
e.    Kelompok mencocokkan dan membahasa hasil kerja mereka masing-masing.
2.    Ditambahkan definisi tentang model TSTS oleh Nadiya dalam Eni (2011:9-10) bahwa langkah-langkah model pembelajaran kooperatif two stay two stray adalah sebagai berikut
a.    Pembentukan kelompok heterogen. Pembentukan kelompok dalam kelas dilakukan oleh guru yang lebih tahu tentang mana siswa yang pandai dan mana siswa yang lemah. Pembentukan kelompok ini harus bersifat heterogen. . Siswa-siswa dalam kelompok merupakan campuran siswa dari tingkat kepandaian, jenis kelamin dan suku. Sehingga tidak akan ditemui kelompok yang akan beranggotakan siswa yang pandai saja atau sebaliknya.
b.    Penjelasan materi dan kegiatan kelompok. Guru memberikan informasi pada siswa berkenaan dengan kegiatan yang dilakukan oleh siswa serta relevansi kegiatan dengan materi pelajaran. Pada saat guru memberikan materi pelajaran, siswa harus sudah berada dalam kelompok masing-masing kelompok mengerjakannya. Apabila terdapat kesulitan dalam intepretasi petunjuk kegiatan, siswa dapat meminta bantuan guru.
c.    Kelompok memutuskan jawaban yang paling benar dan memastikan setiap anggota kelompok memahami jawaban tersebut.
d.   Setelah selesai, dua orang ini masing-masing kelompok akan meninggalkan kelompoknya dan bertamu ke dua kelompok lain. Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka kepada tamu mereka
e.    Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.
f.     Kelompok mencocokkan dan membahas hasil-hasil kerja mereka.
g.    Pemberian penghargaan. Kelompok yang mempunyai nilai rata-rata tiap anggota paling baik, pantas diberi penghargaan. Skor yang dicapai tiap kelompok ini digunakan sebagai dasar pembentukkan kelompok baru untuk materi berikutnya.
3.    Definisi selanjutkan diuraikan Spencer Kagan 1992 dalam Karuru (2007) adapun langkah-langkah dalam pembelajaran kooperatif tipe two stray  two stay, yaitu sebagai berikut:
a.    Pembagian kelompok. Pada langkah ini guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari empat sampai lima siswa.
b.   Pemberian tugas. Di langkah kedua ini guru memberikan sub- pokok bahasan tertentu atau tugas-tugas tertentu kepada setiap kelompok untuk dibahas bersama-sama dengan anggota kelompoknya masing-masing.
c.    Diskusi. Siswa mengerjakan tugas. Pada kegiatan ini siswa di dalam setiap kelompok bekerja sama untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.
d.   Tinggal atau berpencar. Setelah setiap kelompok selesai mengerjakan tugas yang diberikan maka setiap kelompok menentukan dua anggota yang akan stay (tinggal) dan dua anggota yang akan stray (berpencar) ke kelompok lain. 
e.    Berbagi. Pada langkah kelima ini, semua siswa saling berbagi apa yang telah mereka kerjakan untuk menyelesaikan tugas dari guru (catatan: siswa pada langkah ini saling menjelaskan, presentasi, bertanya, dan melakukan konfirmasi, lalu mencatat apa saja yang didapatnya dari kelompok lain). Dua anggota kelompok yang tinggal di dalam kelompok bertugas membagi informasi dan hasil kerja mereka kepada dua orang tamu dari kelompok lain yang akan berkunjung ke kelompok mereka.
f.    Diskusi kelompok. Tahap selanjutnya adalah semua anggota kelompok kembali ke kelompok yang semula dan melaporkan apa yang mereka temukan dari kelompok lain.
g.   Diskusi kelas. Setiap kelompok kemudian membandingkan dan membahas hasil pekerjaan mereka semua dalam sebuah diskusi kelas dengan fasilitasi oleh guru.
Menurut pendapat para ahli di atas maka dapat diringkah bahwa langkah-langkah model TSTS adalah pemberian tugas, diskusi, simulasi dan berbagi.
e. Tahapan-tahapan dalam model pembelajaran TSTS

Pembelajaran kooperatif model TSTS terdiri dari beberapa tahapan sebagai berikut.

Post a Comment for "Tujuan Cooprative Learning"