Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tinjauan Umum Tingkat Aktivitas Belajar

Tinjauan Umum Tingkat Aktivitas Belajar
Salah satu kewajiban siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas adalah aktif dalam setiap proses pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas. Apabila siswa mampu untuk aktif dalam setiap proses belajar berlangsung maka kelas akan hidup dan tujuan pembelajaran akan tercapai.
                       
a.      Pengertian Aktivitas
Pengertian aktivitas diungkapkan Slameto (2003) “Aktivitas memegang peranan penting dalam belajar, sebab pada dasarnya belajar adalah perubahan tingkah laku yang relative tetap dan dilakukan secara sengaja”.

Pengertian aktivitas diungkapkan oleh Anton M. Mulyono (2001 : 26), Aktivitas artinya “kegiatan atau keaktifan”. Jadi segala sesuatu yang dilakukan atau kegiatan-kegiatan yang terjadi baik fisik maupun non-fisik, merupakan suatu aktifitas.

Pengertian aktivitas diungkapkan oleh Rochman Natawijaya dalam Depdiknas (2005:31), belajar aktif adalah “suatu system belajar mengajar yang menekankan keaktifan siswa secara fisik, mental, intelektuan dan emosional guna memperoleh hasil belajar berupa perpaduan antara aspek kognitif, afektif dan psikomotorik”.

Dari beberapa pendapat di atas dapat di simpulkan bahwa aktivitas merupakan suatu kegiatan yang di lakukan individu baik kegiatan fisik, mental, intelektual, dan emosional untuk mencapai tujuan belajar.

b.      Pengertian Belajar
            Belajar merupakan suatu kegiatan yang tidak bias lepas dari kehidupan
            manusia. Baik secara langsung atau tidak langsung maupun secara sadar atau tidak sadar manusia akan terus melakukan kegiatan belajar seumur hidupnya. Dengan belajar manusia akan mengetahui dan mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Aktualisasi ini berguna untuk memberikan kemampuan pada manusia agar dapat menyesuaikan diri demi pemenuhan kebutuhannya selama hidup di muka bumi.
            Sebagai landasan penguraian mengenai apa yang dimaksud dengan belajar, Pengertian belajar akan diungkapkan oleh Purwanto (2003:84) menyimpulkan definisi dari beberapa ahli diantaranya:
1)            Hilgard dan Bower dalam buku Theoris of Learning dikutip oleh Purwanto (2003:84) mengemukakan belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku sesorang terhadap situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situai itu, di mana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atas dasar kecenderungan respon pembawaan, kematangan, atau keadaan-keadaan sesaat seseorang (misalnya kelelahan, pengaruh obat dan sebagainya).
2)            Gagne dalam buku The Conditionins of Learning dikutip oleh Purwanto (2003:84) menyatakan bahwa belajar terjadi apabila suatu situai stimulus bersama dengan isi ingatan mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehinga perbuatannya berubah dari waktu sebelumnya ia mengalami situasi ke dalam ke dalam sesuadah ia mengalami situasi tadi.
3)            Morgan dalam buku Introduction to Psycology dikutip oleh Purwanto (2003:84) mengemukakan bahwa belajar adalah setiap perubahan yang relative menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
4)            Witherington dalam buku Educational Psychology dikutip oleh Purwanto (2003:84) mengemukakan belajar adalah suatu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari pada reaksi yang berupa kecakan, sikap, kebiasaan, kepandaian atau pengertian.

  Pengertian belajar diungkapkan oleh Hamalik (2003:154) mengemukakan belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif mantap berkat latihan dan pengalaman.

Pengertian belajar diungkapkan oleh Anni (2004:2) belajar merupakan proses penting bagi perubahan perilaku manusia dan ia mancakup segala sesuatu yang difikirkan dan dikerjakan .

Pengertian belajar diungkapkan oleh Slameto (2010:2) belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Dari berbagai pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa belajar adalah proses perubahan tingkah laku individu secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman untuk mencapai suatu tujuan.

c.       Ciri-ciri belajar
Menurut Slameto (2010:3) ciri-ciri perubahan tingkah laku dalam pengertian belajar, meliputi:
1) Perubahan terjadinya secara sadar
Berarti seseorang yang belajar akan menyadari terjadinya perubahan itu atau sekurang-kurangnya ia merasakan telah terjadi adanya suatu perubahan dalam dirinya.
2) Perubahan dalam belajar bersifat kontinu dan fungsional
    Sebagai hasil belajar, perubahan yang terjadi dalam diri seseorang berlangsung secara berkesinambungan, tidak statis. Satu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan berikutnya.
3) Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif
Dalam perbuatan belajara, perubahan-perubahan itu senantiasa bertambah dan tertuju untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya.dengan demikian makin banyak usahabelajar itu dilakukan, makin banyak dan makin banyak perubahan yang diperoleh. Perubahan yang bersifat aktif artinya perubahan itu tidak terjadi dengan sendirinya melainkan karena usaha individu sendiri. 
4) Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara
Perubahan yang bersifat sementara atau temporer terjadi hanya untuk beberapa saat saja, seperti berkeringat, keluar air mata, bersin, menangis dan sebagainya, tidak dapat digolongkan sebagai perubahan dalam arti belajar. Perubahan yang terjadi karena proses belajar bersifat menetap atau permanen. Contohnya kecakapan yang dimiliki seseorang akan terus berkembang kalau terus dipergunakan atau dilatih.
5) Perubahan dalam belajar bertujuan atau terarah
Perubahan tingkah laku terjadi karena ada tujuan yang akan tercapai. Perubahan belajar terarah kepada perubahan tingkah laku yang benar-benar disadari.
6) Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku
Perubahan yang diperoleh seseorang setelah melalui suatu proses belajar meliputi perubahan keseluruhan tingkah laku secara menyeluruh dalam sikap, ketrampilan, pengetahuan.


Post a Comment for "Tinjauan Umum Tingkat Aktivitas Belajar"