Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kemasyarakatan

1.      Pengertian Kemasyarakatan

Sebelum membicarakan lebih jauh mengenai kemasyarakatan terlebih dahulu penulis akan mendefinisikan apa yang dimaksud dengan kemasyarakatan.
Kemasyarakatan berasal dari kata masyarakat, menurut Horton dan Hunt dalam (www.devirahman.wordpress.com) “Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang secara relative mandiri, yang secara bersama-sama cukup lama, yang mendiami suatu wilayah tertentu, memiliki kebudayaan yang sama, dan melakukan sebagian besar kegiatannya dalam kelompok tersebut”.
Sedangkan menurut  Gana dalam (http://majidbsz.wordpress.com)Masyarakat adalah sejumlah manusia yang merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan tetap dan mempunyai kepentingan yang sama.Seperti; sekolah, keluarga, perkumpulan, Negara semua adalah masyarakat”.
Berdasarkan beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa masyarakat adalah sekumpulan manusia yang merupakan satu kesatuan golongan yang mendiami suatu wilayah.
Kegiatan Kemasyarakatan adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan hubungan sosial dalam masyarakat desa yang dilakukan secara kekeluargaan, dan jauh menyangkut masalah-masalah kepentingan umum seperti kegiatan gotong royong, pengajian dan PKK.

Kegiatan gotong royong adalah bentuk kerjasama yang spontan yang sudah melembaga serta mengandung unsur timbal balik yang bersifat suka rela antara warga desa dan atau antara warga desa dengan pemerintah desa untuk memenuhi kebutuhan yang insidentil maupun yang berkelagsungan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bersama baik material maupun spiritual. Contoh kegiatan gotong royong seperti: membersihkan lingkungan, membuat gorong-gorong, membangun masjid atau mushola.

Post a Comment for " Pengertian Kemasyarakatan"