Pencapaian Efektivitas Pembelajaran
Pencapaian Efektivitas Pembelajaran
Beberapa
aspek yang menjadi orientasi ke arah pencapaian efektivitas pembelajaran dalam
perspektif guru dipaparkan oleh Djam’an Satori, et al. (2003:44-52) dikutip
oleh Dharma Andinandra Noor (2012) sebagai berikut :.
1. Apresiasi
guru terhadap pengembangan kurikulum dan Implikasinya. Guru dituntut mempunyai
kemampuan dalam pengembangan kurikulum secara dinamik sesuai dengan potensi
sekolah dengan berdasarkan pada prinsip-prinsip di bawah ini. (a) Keseimbangan
etika, logika, estetika, dan kinestika. (b) Kesamaan memperoleh kesempatan bagi
semua siswa.(c) Kesiapan menghadapi abad pengetahuan dan tantangan teknologi
informasi. (d) Pengembangan keterampilan hidup. (e) Berpusat pada anak sebagai
pembangun pengetahuan. (f) Penilaian berkelanjutan dan komprehensif.
2. Kreativitas
guru dalam aplikasi teknologi pembelajaran. Guru dituntut mempunyai pemahaman
konsep teoretis dan praktis berkenaan dengan desain, pengembangan, pemakaian,
manajemen, dan evaluasi pembelajaran serta pengelolaan sumber belajar.
Pembelajaran yang memiliki efektivitas tinggi ditunjukkan oleh sifatnya yang
menekankan pada pemberdayaan peserta didik. Pembelajaran bukan sekadar
transformasi dan mengingat, juga bukan sekadar penekanan pada penguasaan
pengetahuan tentang apa yang diajarkan, akan tetapi lebih menekankan pada
internalisasi tentang apa yang diajarkan sehingga tertanam dalam jiwa anak dan
berfungsi sebagai muatan nurani dan hayati serta dipraktikkan dalam kehidupan
sehari-hari oleh peserta didik. Bahkan pembelajaran lebih menekankan pada
peserta didik agar mau belajar bagaimana cara belajar yang produktif.
Selain faktor guru, keberhasilan proses
pembelajaran banyak bertumpu pada sikap dan cara belajar siswa, baik perorangan
maupun kelompok. Selain itu, tersedianya sumber belajar dengan memanfaatkan
media pembelajaran secara tepat merupakan faktor pendorong dan pemelihara
kegiatan belajar siswa yang produktif, efektif, dan efisien. Memelihara suasana
pembelajaran yang dinamis dan menyenangkan merupakan kondisi esensial dalam
proses pembelajaran. Dalam hal ini, perlu ditanamkan persepsi positif pada
setiap diri siswa, bahwa kegiatan pembelajaran merupakan peluang bagi mereka
untuk menggali potensi diri sehingga mampu menguasai kompetensi yang diperlukan
untuk kehidupannya kelak.
Post a Comment for "Pencapaian Efektivitas Pembelajaran"