Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembelajaran Efektif

5  Pembelajaran Efektif

Menurut Miarso (dalam Bambang Warsita, 2008: 287), “Pembelajaran yang efektif adalah belajar yang bermanfaat dan bertujuan bagi peserta didik, melalui pemakaian prosedur yang tepat”. Pengertian ini mengandung dua indikator, yaitu terjadinya belajar pada siswa dan apa yang dilakukan guru.

Menurut Dick dan Reiser (dalam Bambang Warsita, 2008: 288), “pembelajaran efektif adalah suatu pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk belajar keterampilan spesifik, ilmu pengetahuan, dan sikap serta yang membuat peserta didik senang”. Jadi ketika siswa senang dalam belajar, mereka akan mudah menerima ilmu yang diberikan oleh guru.

Berdasarkan uraian di atas, dapat dinyatakan bahwa pembelajaran yang efektif adalah suatu pembelajaran yang mampu membuat siswa untuk ikut serta dalam kegiatan pembelajaran , membuat siswa merasa senang mengikuti kegiatan pembelajaran dan mampu menghantarkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Ada pun ciri-ciri yang dapat dilihat apabila suatu pembelajaran dikatakan efektif  diungkapkan oleh Eggen dan Kauchak (dalam Bambang Triwarsita, 2008: 289) yaitu :
1.    Peserta didik menjadi pengkaji yang aktif terhadap lingkungannya melalui mengobservasi, membandingkan, menemukan kesamaan-kesamaan dan perbedaan-perbedaan serta membentuk konsep generalisasi berdasarkan kesamaan-kesamaan yang ditemukan.
2.    Guru menyediakan materi sebagai fokus berpikir dan berinteraksi dalam pelajaran.
3.    Aktivitas-aktivitas peserta didik sepenuhnya didasarkan pada pengkajian.
4.    Guru secara aktif terlibat dalam pemberian arahan dan tuntunan kepada peserta didik dalam menganalisis informasi.
5.    Orientasi pembelajaran penguasaan isi pelajaran dan pengembangan keterampilan berpikir.
6.    Guru menggunakan teknik pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan tujuan dan gaya pembelajaran guru.
Memperhatikan ciri dari pembelajaran yang efektif di atas, maka guru harus membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa merasa nyaman dalam belajar
Sudjarwo dan Basrowi (2008:173) menyampaikan bahwa ciri pembelajaran efektif dapat dilihat dari dua aspek pembaharuan penting, yaitu :
1.    Pembaharuan dalam pendekatan pembelajaran, yaang menyangkut esensi, materi dan metode pembelajaran. Ini terjadi karena temuan konsep baru yang berkembang mengenai otak dan kecerdasan, serta dipicu oleh dinamika perubahan multidemsional dan lingkungan hidup dan kehidupan yang menuntut komitmen dan kemampuan yang makin tinggi dari sumber daya manusia.
2.    Pemanfaatan tekhnologi informasi/komunikasi yang sudah berkembang demikian canggih untuk menunjang tercapainya pembaharuan strategi dan teknik pembelajaran.           
Berdasarkan pada pendapat di atas pembelajaran efektif terlihat dari dua aspek yaitu dari segi pendekatan pembelajaran yang mencakup materi dan metode yang digunakan dan pemanfaatan tekhnologi informasi/komunikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat pula sebagai sumber pengetahuan.


Post a Comment for "Pembelajaran Efektif"