Pembelajaran Efektif
5 Pembelajaran Efektif
Menurut
Miarso (dalam Bambang Warsita, 2008: 287), “Pembelajaran yang efektif adalah
belajar yang bermanfaat dan bertujuan bagi peserta didik, melalui pemakaian
prosedur yang tepat”. Pengertian ini mengandung dua indikator, yaitu terjadinya
belajar pada siswa dan apa yang dilakukan guru.
Menurut Dick
dan Reiser (dalam Bambang Warsita, 2008: 288), “pembelajaran efektif adalah
suatu pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk belajar keterampilan
spesifik, ilmu pengetahuan, dan sikap serta yang membuat peserta didik senang”.
Jadi ketika siswa senang dalam belajar, mereka akan mudah menerima ilmu yang
diberikan oleh guru.
Berdasarkan
uraian di atas, dapat dinyatakan bahwa pembelajaran yang efektif adalah suatu
pembelajaran yang mampu membuat siswa untuk ikut serta dalam kegiatan
pembelajaran , membuat siswa merasa senang mengikuti kegiatan pembelajaran dan
mampu menghantarkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Ada pun ciri-ciri yang
dapat dilihat apabila suatu pembelajaran dikatakan efektif diungkapkan oleh Eggen dan
Kauchak (dalam Bambang Triwarsita, 2008: 289) yaitu
:
1.
Peserta didik menjadi pengkaji yang
aktif terhadap lingkungannya melalui mengobservasi, membandingkan, menemukan
kesamaan-kesamaan dan perbedaan-perbedaan serta membentuk konsep generalisasi
berdasarkan kesamaan-kesamaan yang ditemukan.
2.
Guru menyediakan materi sebagai
fokus berpikir dan berinteraksi dalam pelajaran.
3.
Aktivitas-aktivitas peserta didik
sepenuhnya didasarkan pada pengkajian.
4.
Guru secara aktif terlibat dalam
pemberian arahan dan tuntunan kepada peserta didik dalam menganalisis
informasi.
5.
Orientasi pembelajaran penguasaan
isi pelajaran dan pengembangan keterampilan berpikir.
6.
Guru menggunakan teknik pembelajaran
yang bervariasi sesuai dengan tujuan dan gaya pembelajaran guru.
Memperhatikan
ciri dari pembelajaran yang efektif di atas, maka guru harus membuat suasana
pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa merasa nyaman dalam belajar
Sudjarwo dan Basrowi (2008:173) menyampaikan bahwa ciri pembelajaran
efektif dapat dilihat dari dua aspek pembaharuan penting, yaitu :
1.
Pembaharuan
dalam pendekatan pembelajaran, yaang menyangkut esensi, materi dan metode
pembelajaran. Ini terjadi karena temuan konsep baru yang berkembang mengenai
otak dan kecerdasan, serta dipicu oleh dinamika perubahan multidemsional dan
lingkungan hidup dan kehidupan yang menuntut komitmen dan kemampuan yang makin
tinggi dari sumber daya manusia.
2.
Pemanfaatan
tekhnologi informasi/komunikasi yang sudah berkembang demikian canggih untuk
menunjang tercapainya pembaharuan strategi dan teknik pembelajaran.
Berdasarkan pada
pendapat di atas pembelajaran efektif terlihat dari dua aspek yaitu dari segi
pendekatan pembelajaran yang mencakup materi dan metode yang digunakan dan
pemanfaatan tekhnologi informasi/komunikasi yang dapat digunakan sebagai media
pembelajaran dan dapat pula sebagai sumber pengetahuan.
Post a Comment for "Pembelajaran Efektif"