Ciri Efektivitas Pembelajaran
1 Ciri Efektivitas Pembelajaran
Menurut
Harry Firman (1987:24) dalam Arif Harianto (2012:7) keefektifan program pembelajaran ditandai
dengan ciri-ciri sebagai berikut :
a.
Berhasil menghantarkan siswa
mencapai tujuan-tujuan instruksional yang telah ditetapkan.
b.
Memberikan pengalaman belajar yang
atraktif, melibatkan siswa secara aktif sehingga menunjang pencapaian tujuan
instruksional.
c.
Memiliki sarana-sarana yang
menunjang proses belajar mengajar.
Berdasarkan ciri program pembelajaran efektif seperti yang digambarkan
di atas, keefektifan program pembelajaran tidak hanya ditinjau dari segi
tingkat prestasi belajar saja, melainkan harus pula ditinjau dari segi proses
dan sarana penunjang.
Aspek hasil meliputi tinjauan terhadap hasil belajar siswa setelah
mengikuti program pembelajaran yang mencakup kemampuan kognitif, afektif dan
psikomotorik. Aspek proses meliputi pengamatan terhadap keterampilan siswa,
motivasi, respon, kerjasama, partisipasi aktif, waktu serta teknik pemecahan
masalah yang ditempuh siswa dalam menghadapi kesulitan pada saat kegiatan
belajar mengajar berlangsung. Aspek sarana penunjang meliputi tinjauan-tinjauan
terhadap fasilitas fisik dan bahan serta sumber yang diperlukan siswa dalam
proses belajar mengajar seperti ruang kelas, laboratorium, media pembelajaran
dan buku-buku teks.
Post a Comment for " Ciri Efektivitas Pembelajaran"