Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri Efektivitas Pembelajaran

1   Ciri Efektivitas Pembelajaran
Menurut Harry Firman (1987:24) dalam Arif Harianto (2012:7)  keefektifan program pembelajaran ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut :
a.    Berhasil menghantarkan siswa mencapai tujuan-tujuan instruksional yang telah ditetapkan.
b.    Memberikan pengalaman belajar yang atraktif, melibatkan siswa secara aktif sehingga menunjang pencapaian tujuan instruksional.
c.    Memiliki sarana-sarana yang menunjang proses belajar mengajar.
Berdasarkan ciri program pembelajaran efektif seperti yang digambarkan di atas, keefektifan program pembelajaran tidak hanya ditinjau dari segi tingkat prestasi belajar saja, melainkan harus pula ditinjau dari segi proses dan sarana penunjang.
Aspek hasil meliputi tinjauan terhadap hasil belajar siswa setelah mengikuti program pembelajaran yang mencakup kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Aspek proses meliputi pengamatan terhadap keterampilan siswa, motivasi, respon, kerjasama, partisipasi aktif, waktu serta teknik pemecahan masalah yang ditempuh siswa dalam menghadapi kesulitan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Aspek sarana penunjang meliputi tinjauan-tinjauan terhadap fasilitas fisik dan bahan serta sumber yang diperlukan siswa dalam proses belajar mengajar seperti ruang kelas, laboratorium, media pembelajaran dan buku-buku teks.


Post a Comment for " Ciri Efektivitas Pembelajaran"