Kinerja Guru
Kinerja Guru
Kinerja
guru pada dasarnya merupakan kegiatan guru dalam melaksanakan tugas dan
kewajibannya sebagai seorang pengajar dan pendidik di sekolah yang dapat
menggambarkan mengenai prestasi kerjanya dalam melaksanakan semua itu, dan hal
ini jelas bahwa pekerjaan sebagai guru tidak bisa dilakukan oleh
sembarang orang, tanpa memiliki keahlian dan kwalifikasi tertentu sebagai guru.
Kinerja Guru dalam melaksanakan peran dan tugasnya di sekolah khususnya dalam
proses pembelajaran dalam konteks sekarang ini memerlukan pengembangan dan
perubahan kearah yang lebih inovatif, kinerja inovatif guru menjadi hal yang
penting bagi berhasilnya implementasi inovasi pendidikan dalam rangka
meningkatkan kualitas pendidikan/pembelajaran.
Guru yang memiliki integritas ditopang oleh kesejahteraan dan
profesionalisme yang utuh. Instrumen yang penting dalam rangka membangun
integritas atau kewibawaan guru adalah kesejahteraan yang cukup dan
perlindungan dalam menjalankan profesi, disisi lain diperlukan kompetisi dan
profesionalisme guru itu sendiri.
Mangkunegara (2007: 9) mengemukakan
bahwa kinerja adalah prestasi kerja atau hasil kerja (output) baik kualitas
maupun kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai per satuan periode waktu
dalam melaksanakan tugas kerjanya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan
kepadanya.
Sependapat
dengan pendapat tersebut, Simanjuntak (2005 : 105), mengemukakan bahwa ”Kinerja individu adalah
tingkat ketercapaian atau hasil kerja seseorang dari sasaran yang harus dicapai
atau tugas yang harus dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu”. Kinerja
mempunyai makna lebih luas, bukan hanya menyatakan sebagai hasil kerja, tetapi
juga bagaimana proses kerja berlangsung. Kinerja adalah tentang melakukan
pekerjaan dan hasil yang dicapai dari pekerjaan tersebut. Kinerja adalah
tentang apa yang dikerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya.
Post a Comment for "Kinerja Guru"