Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Guru adalah orang yang memiliki keahlian (expertise) yakni :

.   Guru adalah orang yang memiliki keahlian (expertise) yakni  :
a.       Menguasai pembelajaran materi pembelajaran di sekolah
b.      Menguasai konsep keilmuan yang relevan dengan materi pembelajaran di sekolah
c.       Mengusai strategi pembelajaran  di sekolah
d.      Kontributif (mampu berperan) terhadap tercapainya tujuan pembelajaran dan tujuan pendidikan nasional

2.  Guru adalah orang yang memiliki sifat kolegialisme (kesejawatan), yakni guru yang:
a.       Mampu membagi ide (gagasan) baik untuk pengembangan maupun untuk  kepentingan praktek
b.      Berbagi pengalaman baik yang diperoleh dari pembelajaran di sekolah maupun dari pengalaman mengikuti berbagai kegiatan diluar sekolah.
c.       Bekerjasama dalam pengembangan ilmunya dan peningkatan proses belajar mengajar.
d.      Bersifat energi, yakni guru yang mampu membangun kekuatan pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan, sumber daya manusia dan masyarakat.
e.       Dapat membangun prakarsa dalam berbagai kegiatan di sekolah.

3.  Guru adalah orang yang cepat menjadi model warga negara yang baik dan cerdas, yakni guru yang:
    1. Memiliki kepekaan sosial, memiliki kepedulian terhadap lingkungan
    2. Menjadi tanggung jawab sebagai warga negara
    3. Menjadi teladan bagi keluarga, sekolah dan masyarakat
    4. Bersedia membimbing dari belakang
e.       Menghormati negara dan berbagai lambang kenegaraan Republik Indonesia.
f.       Bersikap demokratis dan menghargai kesejahteraan.

4.      Guru  adalah mereka yang menjunjung tinggi kode etik, guru  yang:
a.       Menaati seluruh peraturan yang berlaku baik tertulis maupun yang tidak tertulis.
b.      Bersifat taat azas, mematuhi aturan yang berbuat sesuai dengan ketentuan Yang disepakati dalam setiap situasi/ keadaan.
c.       Dapat menjadi contoh sebagai warga negara bertanggung jawab.
d.      Memiliki kesetia kawanan (solidaritas) sebagai guru.

11. Pengertian Mengajar

Setiap guru seharusnya dapat mengajr didepan kelas, juga mengajar itu dapat  pula pada sekelompok murid di luar kelas atau dimana saja. Mengajar adalah merupakan salah satu komponen dari kompetensi-kompetensi pendidikan atau guru, yang setiap guru harus menguasai, terampil dalam melaksanakan tugas mengajar itu.

Mengajar pada hakikatnya adalah memberikan bimbingan kepada anak dalam  belajar mengajar, hal ini selaras dengan pendapat bahwa mengajar adalah kegiatan guru membimbing dan mendorong murid memperoleh pengalaman yang berguna bagi perkembangan semua potensi yang dimilikinya semaksimal mungkin (Darwis dan Solaiman, 1979 : 53).

12. Prinsip-prinsip Mengajar

Mengajar bukanlah suatu tugas yang ringan bagi seorang guru dalam mengajar, guru berhadapan dengan sekelompok siswa, mereka adalah makhluk hidup yang memerlukan bimbingan dan pembinaan untuk menuju kedewasaan. Murid setelah mengalami proses pendidikan dan pengajaran diharapkan dapat menjadi manusia dewasa yang sadar tanggung jawab tentang diri sendiri, masyarakat dan Tuhan Yang Maha Esa.

Mengingat tugas yang berat itu, seorang guru yang mengajar di depan kelas harus mempunyai prinsip-prinsip mengajar agar proses pembelajaran yang dilakukan dapat seperti yang diharapkan dan selain itu juga proses pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru harus dilaksanakan seefektif mungkin, agar guru tidak hanya asal mengajar saja. Oleh karena itu sebagai seorang guru harus dapat berpegangan kepada  prinsip dalam mengajar yang di milikinya. Adapun prinsip-prinsip mengajar itu adalah:
a.       Perhatian siswa.
b.      Aktivitas anak dalam berfikir.
c.       Appersepsi bahan pelajaran.
d.      Peragaan media pendidikan.
e.       Repetisi atau pengulangan.
f.       Korelasi antar mata pelajaran.
g.      Konsentrasi sswa.
h.      Sosialisasi.
i.        Idividualisme.
j.        Evaluasi.
(Roestiyah N.K, 1982 : 114)
     
13. Tugas Guru
Untuk dapat mampu melaksanakan tugas mengajar dengan baik, guru harus memiliki kemampuan profesional, yaitu terpenuhinya 10 kompetensi guru, yang meliputi:
1.      Menguasai bahan,
2.      Mengelola program belajar mengajar,
3.      Mengelola kelas,
4.      Menggunakan media atau sumber,
5.      Menguasai landasan-landasan pendidikan
6.      Mengelola interaksi-interaksi belajar mengajar,
7.      Menilai prestasi siswa untuk kepentingan pelajaran,
8.      Mengenal fungsi layanan bimbingan dan penyuluhan disekolah,
9.      Mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah
  1. Memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran. (Depdikbud, 1984/1985:25-26). Suryo Subroto (2002:4-5)

 R.D. Conners, mengidentifikasikan tugas mengajar guru yang bersifat suksesif    menjadi tiga tahap. Tahap-tahap tersebut adalah tahap sebelum pengajaran (pre-active), tahap pengajaran (inter –active), dan tahap sesudah pengajaran (post-active).

Post a Comment for " Guru adalah orang yang memiliki keahlian (expertise) yakni :"