Guru adalah orang yang memiliki keahlian (expertise) yakni :
. Guru adalah orang yang memiliki keahlian (expertise) yakni :
a.
Menguasai
pembelajaran materi pembelajaran di sekolah
b.
Menguasai konsep keilmuan yang relevan
dengan materi pembelajaran di sekolah
c.
Mengusai strategi pembelajaran di sekolah
d.
Kontributif (mampu berperan) terhadap
tercapainya tujuan pembelajaran dan tujuan pendidikan nasional
2. Guru adalah orang yang memiliki sifat
kolegialisme (kesejawatan), yakni guru yang:
a.
Mampu membagi ide (gagasan) baik untuk
pengembangan maupun untuk kepentingan
praktek
b.
Berbagi pengalaman baik yang diperoleh
dari pembelajaran di sekolah maupun dari pengalaman mengikuti berbagai kegiatan
diluar sekolah.
c.
Bekerjasama
dalam pengembangan ilmunya dan peningkatan proses belajar mengajar.
d.
Bersifat
energi, yakni guru yang mampu membangun kekuatan pembelajaran dengan
pemanfaatan lingkungan, sumber daya manusia dan masyarakat.
e.
Dapat
membangun prakarsa dalam berbagai kegiatan di sekolah.
3. Guru adalah orang yang cepat menjadi model
warga negara yang baik dan cerdas, yakni guru yang:
- Memiliki kepekaan sosial,
memiliki kepedulian terhadap lingkungan
- Menjadi
tanggung jawab sebagai warga negara
- Menjadi teladan bagi
keluarga, sekolah dan masyarakat
- Bersedia
membimbing dari belakang
e.
Menghormati negara dan berbagai lambang
kenegaraan Republik Indonesia .
f.
Bersikap demokratis dan menghargai
kesejahteraan.
4.
Guru adalah mereka yang menjunjung tinggi kode
etik, guru yang:
a.
Menaati
seluruh peraturan yang berlaku baik tertulis maupun yang tidak tertulis.
b.
Bersifat
taat azas, mematuhi aturan yang berbuat sesuai dengan ketentuan Yang disepakati
dalam setiap situasi/ keadaan.
c.
Dapat
menjadi contoh sebagai warga negara bertanggung jawab.
d.
Memiliki
kesetia kawanan (solidaritas) sebagai guru.
11. Pengertian Mengajar
Setiap guru
seharusnya dapat mengajr didepan kelas, juga mengajar itu dapat pula pada sekelompok murid di luar kelas atau
dimana saja. Mengajar adalah merupakan salah satu komponen dari
kompetensi-kompetensi pendidikan atau guru, yang setiap guru harus menguasai,
terampil dalam melaksanakan tugas mengajar itu.
Mengajar pada
hakikatnya adalah memberikan bimbingan kepada anak dalam belajar mengajar, hal ini selaras dengan
pendapat bahwa mengajar adalah kegiatan guru membimbing dan mendorong murid
memperoleh pengalaman yang berguna bagi perkembangan semua potensi yang
dimilikinya semaksimal mungkin (Darwis dan Solaiman, 1979 : 53).
12. Prinsip-prinsip Mengajar
Mengajar
bukanlah suatu tugas yang ringan bagi seorang guru dalam mengajar, guru
berhadapan dengan sekelompok siswa, mereka adalah makhluk hidup yang memerlukan
bimbingan dan pembinaan untuk menuju kedewasaan. Murid setelah mengalami proses
pendidikan dan pengajaran diharapkan dapat menjadi manusia dewasa yang sadar
tanggung jawab tentang diri sendiri, masyarakat dan Tuhan Yang Maha Esa.
Mengingat
tugas yang berat itu, seorang guru yang mengajar di depan kelas harus mempunyai
prinsip-prinsip mengajar agar proses pembelajaran yang dilakukan dapat seperti
yang diharapkan dan selain itu juga proses pembelajaran yang dilakukan oleh
seorang guru harus dilaksanakan seefektif mungkin, agar guru tidak hanya asal
mengajar saja. Oleh karena itu sebagai seorang guru harus dapat berpegangan
kepada prinsip dalam mengajar yang di
milikinya. Adapun prinsip-prinsip mengajar itu adalah:
a.
Perhatian siswa.
b.
Aktivitas anak dalam berfikir.
c.
Appersepsi bahan pelajaran.
d.
Peragaan media pendidikan.
e.
Repetisi atau pengulangan.
f.
Korelasi antar mata pelajaran.
g.
Konsentrasi sswa.
h.
Sosialisasi.
i.
Idividualisme.
j.
Evaluasi.
(Roestiyah N.K, 1982 : 114)
13. Tugas Guru
Untuk dapat mampu melaksanakan tugas
mengajar dengan baik, guru harus memiliki kemampuan profesional, yaitu
terpenuhinya 10 kompetensi guru, yang meliputi:
1.
Menguasai bahan,
2.
Mengelola program belajar mengajar,
3.
Mengelola kelas,
4.
Menggunakan media atau sumber,
5.
Menguasai landasan-landasan pendidikan
6.
Mengelola
interaksi-interaksi belajar mengajar,
7.
Menilai
prestasi siswa untuk kepentingan pelajaran,
8.
Mengenal fungsi layanan bimbingan dan
penyuluhan disekolah,
9.
Mengenal dan menyelenggarakan
administrasi sekolah
- Memahami
prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian pendidikan guna keperluan
pengajaran. (Depdikbud, 1984/1985:25-26). Suryo Subroto (2002:4-5)
R.D. Conners, mengidentifikasikan tugas
mengajar guru yang bersifat suksesif
menjadi tiga tahap. Tahap-tahap tersebut adalah tahap sebelum pengajaran
(pre-active), tahap pengajaran (inter
–active), dan tahap sesudah
pengajaran (post-active).
Post a Comment for " Guru adalah orang yang memiliki keahlian (expertise) yakni :"