Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Pembelajaran

       Definisi Pembelajaran

Pembelajaran dapat dilakukan dimana saja kapan saja dan oleh siapa saja. Pembelajaran dalam hal ini adalah pembelajaran di sekolah yang pada dasarnya pembelajaran merupakan suatu proses belajar yang dilakukan baik antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa dalam interaksi edukatif guna mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri.

Kokom Komalasari (2012:3) mengungkapkan bahwa :
     Pembelajaran dapat didefinisikan sebagai suatu sistem atau proses  membelajarkan subyek didik pembelajar yang direncanakan atau didesain, dilaksakan dan dievaluasi secara sistematis agar subyek didik pembelajar dapat mencapai tujuan-tujuan pemebelajaran secara efektif dan efisien.

Lebih lanjut Kokom komalasari (2012:3-4) mengungkapkan pembelajaran dipandang dari dua sudut, pertama pembelajaran dipandang sebagai suatu sistem, pembelajaran terdiri dari sejulah alat peraga, pengorganisasian kelas, evaluasi pembelajaran dan pembelajaran remedial dan pengayaan.
Kedua, pembelajaran dipandang sebgai suatu proses maka pembelajaran merupakan rangkaian upaya atau kegiatan guru dalam rangka membuat siswa belajar. Rangakaian tersebut meliputi :
a.    Persiapan, dimulai dari merencanakan program pengajaran tahunan, semester, dan penyusunan persiapan mengajar.
b.    Melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan mengacu pada persipan pembelajaran yang telah dibuat.
c.    Menindaklanjuti pembelajaran yang telah dikelolanya dapat berupa envichmen (pengayaan) dan remedial teaching bagi yang berkesulitan belajar.
Menurut Yusuf Hadi Miarso (2004:545) yang dikutip oleh Yamin Martinis (2012) mengungkapkan bahwa :
     Pembelajaran adalah suatu usaha yang disengaja, bertujuan, dan terkendali agar orang lain belajar atau terjadi perubahan yang relatif menetap pada diri orang lain, usaha tersebut dapat dilakukan oleh orang atau kelompok orang yang memilki kemampuan atau kompetensi dalam merancang dan atau mengembangkan sumber belajar yang diperlukan dapat pula dikatakan bahwa pembelajaran adalah usaha yang dilakukan oleh pendidik atau orang dewasa lainnya untuk membuat pebelajar dapat belajar dan mencapai hasil belajar yang maksimal.

Berdasarkan dua pendapat di atas dapat dinyatakan bahwa pembelajaran adalah suatu proses usaha yang disengaja untuk membelajarkan siswa dengan terlebih dahulu merencanakan, melaksanakan dan melakukan evaluasi secara sistematis agar terjadi perubahan yang relatif menetap pada diri siswa dan memilki kemampuan serta kompetensi dalam mengembangkan sumber belajar yang diperlukan guna mencapai hasil belajar yang maksimal.

Syaiful Sagala (2009: 61) , mengungkapkan pembelajaran adalah :
Membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau murid.

Menurut Corey dalam Sagala (2009: 61) adalah sebagai berikut: “Suatu proses dimana lingkungan seseorang secara sengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari pendidikan”.

Pendapat di atas menunjukkan bahwa proses pembelajaran hendaknya menjadikan kondisi lingkungan belajar yang memungkinkan siswa untuk ikut serta dalam proses pembelajaran dalam kondisi tertentu dan memberikan respon atas kondisi tersebut , pembelajaran merupakan subset khusus pendidikan. Hal ini dapat terjadi apabila lingkungan belajar dapat dikelola dengan sebaik mungkin sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Tercantum didalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa pembelajaran ialah “proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar”.
Berdasarkan pada uraian di atas maka pembelajaran pada hakikat nya adalah suatu proses yang disengaja untuk membuat diri pembelajar atau siswa untuk ikut serta dalam proses belajar agar terjadi perubahan pada diri pembelajar dari aspek kognitif, afektif dan psikomotriknya dimana dalam proses tersebut terjadi interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar yang telah dikondisikan guna mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal.


Post a Comment for "Definisi Pembelajaran"