Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hipotesis

2.1  Kerangka Pikir
Nasionalisme adalah sikap mental dan tingkah laku individu atau masyarakat yang menunjukkan adanya loyalitas atau pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya. Loyalitas dan pengabdian itu didorong oleh suatu tekad untuk hidup sebagai suatu bangsa dibawah suatu negara yang sama, terlepas dari perbedaan etnis, ras, agama, ataupun golongan. Nasionalisme merupakan suatu paham yang mengutamakan persatuan dan kebebasan bangsa. Nasionalisme memuat beberapa prinsip yaitu: rasa cinta dan bangga terhadap bangsa, persatuan dan kesatuan, memiliki sikap patriotisme, kebebasan, kesamaan, kepribadian, dan prestasi.

Menanamkan rasa nasionalisme adalah suatu hal yang sangat penting di tanamkan sejak dini atau sejak lahir. rasa nasionalisme tidak hanya di miliki oleh tentara (TNI) atau prangkat pemerintahan lainnya. kita sebagai warga negara indonesia harus menpunyai rasa nasionalisme terhadap tanah air indonesia ini. Dibawah  ini adalah sedikit hal yang dapat kita lakukan untuk menanamkan rasa nasionalisme terhadap setiap umur yaitu “Berorganisasi ”. Salah satu contohnya saja organisasi sosial kemasyarakatan yang dapat menanamkan sikap nasionalisme warga masyarakat adalah  organisasi Laskar Merah Putih. Laskar Merah Putih merupakan organisasi Himpunan organisasi massa dan Lembaga Swadaya Masyarakat sebagai anak bangsa yang tetap setia kepada NKRI yang anti membuat proposal kemiskinan masyarakat yang artinya menjual kemiskinan bangsa kepada pihak asing untuk menerima bantuan dana asing. 

Bahwa dalam organisasi, sudah menjadi kewajiban pengurus untuk membuat visi dan misi, program kerja Forum Bersama Laskar Merah Putih, maksud dan tujuan LMP, garis besar program kerja LMP, arah dan strategi kebijakan pelaksanaan regional LMP yang akan dijalankan oleh suatu organisasi untuk jangka waktu yang telah ditetapkan

Berdasarkan pada permasalahan yang diuraikan di atas, maka untuk lebih jelasnya penelitian akan menyajikan kerangka pikir penelitian sebagai berikut:
Pengaruh Pemahaman Organisasi Laskar Merah Putih (X):
1.    Visi dan misi
2.    Program Kerja Forum Bersama Laskar Merah Putih
3.    Maksud dan tujuan LMP
4.    Garis besar program kerja LMP
5.    Arah dan strategi kebijakan pelaksanaan regional LMP


Sikap Nasionalisme Anggota Laskar Merah Putih (Y):
1.    Rasa cinta dan bangga terhadap bangsa
2.    Rasa persatuan dan kesatuan
3.    Nilai kebersamaan
4.    Mempunyai keinginan untuk mempertahankan dan memajukan bangsa.

 







Gambar  2.1: Bagan Kerangka Pikir

2.2  Hipotesis
Berdasarkan uraian di atas maka dapat dikemukakan hipotesis sebagai berikut:
1.    Ada pengaruh pemahaman organisasi Laskar Merah Putih terhadap sikap nasionalisme anggota di Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu.

2.    Semakin tinggi tingkat pemahaman anggota tentang organisasi Laskar Merah Putih semakin tinggi pula sikap nasionalismenya.

Post a Comment for " Hipotesis"