Alasan dan Tujuan Penerapan Moving Class
1.1
Alasan
dan Tujuan Penerapan Moving Class
Alasan penerapan moving class yang dilaksanakan oleh SMK
N 5 Bandar Lampung adalah karena “SMK N 5 Bandar Lampung banyak memilki ruangan
kelas sehingga mencoba untuk menerapkan sistem moving class”. (Waka kurikulum
SMK N 5 Bandar Lampung)
Adapun tujuan penerapan
moving class disampaikan oleh Hery John Setiawan (2010) dalam (http://esdikimia.wordpress.com/ssn/panduan-moving-class/comment-page-1/#comment-893)
yaitu :
1)
Memfasilitasi siswa
yang memiliki beraneka macam gaya belajar baik visual, auditori, dan khususnya
kinestetik untuk mengembangkan dirinya.
2)
Menyediakan sumber
belajar, alat peraga, dan sarana belajar yang sesuai dengan karakter mata
pelajaran.
3)
Melatih kemandirian,
kerjasama, dan kepedulian sosial siswa. Karena dalam moving class mereka
akan bertemu dengan siswa lain bahkan dari jenjang yang berbeda setiap ada
perpindahan kelas atau pergantian mata pelajaran.
4)
Merangsang seluruh
aspek perkembangan dan kecerdasan siswa (multiple intelegent)
5)
Meningkatkan Kualitas
Proses Pembelajaran:
a) Proses
pembelajaran melalui moving class akan lebih bermakna karena setiap
ruang/laboratorium mata pelajaran dilengkapi dengan perangkatperangkat
pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Jadi setiap siswa yang
akan masuk suatu ruang/laboratorium mata pelajaran sudah dikondisikan pemikirannya
pada mata pelajaran tersebut.
b) Pendamping
mata pelajaran dapat mengkondisikan ruang/laboratoriumnya sesuai dengan
kebutuhan setiap pertemuan tanpa harus terganggu oleh mata pelajaran lain.
6)
Meningkatkan
efektivitas dan efisiensi waktu pembelajaran. Pendamping mata pelajaran (guru)
tetap berada di ruang/laboratorium mata pelajarannya, sehingga waktu mengajar
tidak terganggu dengan hal-hal lain.
7)
Meningkatkan disiplin
siswa dan pendamping (guru)
a) Pendamping
(guru) akan dituntut datang tepat waktu, karena kunci setiap ruang/laboratorium
dipegang oleh masing-masing pendamping mata pelajaran (guru).
b) Siswa
ditekankan oleh setiap pendamping mata pelajaran untuk masuk tepat waktu pada
pada saat pelajarannya.
8)
Meningkatkan
keterampilan pendamping (guru) dalam memvariasikan metode dan media
pembelajaran yang diaplikasikan dalam kehidupan siswa sehari-hari
9)
Meningkatkan keberanian
siswa untuk bertanya, menjawab, mengemukakan pendapat dan bersikap terbuka pada
setiap mata pelajaran.
10) Meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa.
Moving
class juga dapat berdampak buruk bagi siswa,
misalnya siswa akan tiba di kelas terlambat disesuaikan dengan alasan yang
sangat riil apabila itu juga dilakukan oleh pendamping (guru) sendiri.
Post a Comment for " Alasan dan Tujuan Penerapan Moving Class"