Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan dan Tujuan Penerapan Moving Class

1.1     Alasan dan Tujuan Penerapan Moving Class

Alasan penerapan moving class yang dilaksanakan oleh SMK N 5 Bandar Lampung adalah karena “SMK N 5 Bandar Lampung banyak memilki ruangan kelas sehingga mencoba untuk menerapkan sistem moving class”. (Waka kurikulum SMK N 5 Bandar Lampung)

Adapun tujuan penerapan moving class disampaikan oleh Hery John Setiawan (2010) dalam  (http://esdikimia.wordpress.com/ssn/panduan-moving-class/comment-page-1/#comment-893) yaitu :
1)        Memfasilitasi siswa yang memiliki beraneka macam gaya belajar baik visual, auditori, dan khususnya kinestetik untuk mengembangkan dirinya.
2)        Menyediakan sumber belajar, alat peraga, dan sarana belajar yang sesuai dengan karakter mata pelajaran.
3)        Melatih kemandirian, kerjasama, dan kepedulian sosial siswa. Karena dalam moving class mereka akan bertemu dengan siswa lain bahkan dari jenjang yang berbeda setiap ada perpindahan kelas atau pergantian mata pelajaran.
4)        Merangsang seluruh aspek perkembangan dan kecerdasan siswa (multiple intelegent)
5)        Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran:
a)    Proses pembelajaran melalui moving class akan lebih bermakna karena setiap ruang/laboratorium mata pelajaran dilengkapi dengan perangkatperangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Jadi setiap siswa yang akan masuk suatu ruang/laboratorium mata pelajaran sudah dikondisikan pemikirannya pada mata pelajaran tersebut.
b)   Pendamping mata pelajaran dapat mengkondisikan ruang/laboratoriumnya sesuai dengan kebutuhan setiap pertemuan tanpa harus terganggu oleh mata pelajaran lain.
6)        Meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu pembelajaran. Pendamping mata pelajaran (guru) tetap berada di ruang/laboratorium mata pelajarannya, sehingga waktu mengajar tidak terganggu dengan hal-hal lain.
7)        Meningkatkan disiplin siswa dan pendamping (guru)
a)    Pendamping (guru) akan dituntut datang tepat waktu, karena kunci setiap ruang/laboratorium dipegang oleh masing-masing pendamping mata pelajaran (guru).
b)   Siswa ditekankan oleh setiap pendamping mata pelajaran untuk masuk tepat waktu pada pada saat pelajarannya.
8)        Meningkatkan keterampilan pendamping (guru) dalam memvariasikan metode dan media pembelajaran yang diaplikasikan dalam kehidupan siswa sehari-hari
9)        Meningkatkan keberanian siswa untuk bertanya, menjawab, mengemukakan pendapat dan bersikap terbuka pada setiap mata pelajaran.
10)    Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
                                                                           

Moving class juga dapat berdampak buruk bagi siswa, misalnya siswa akan tiba di kelas terlambat disesuaikan dengan alasan yang sangat riil apabila itu juga dilakukan oleh pendamping (guru) sendiri.

Post a Comment for " Alasan dan Tujuan Penerapan Moving Class"