Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makalah Ilmu Alamiah Dasar

BAB 1
PENDAHULUAN

Ilmu alamiah atau Ilmu Pengetahuan Alam yang dalam bahasa Inggris disebut natural science (science) dan di dalam bahasa Indonesia biasa disebut science saja merupakan pengetahuan yang mempelajari fenomena-fenomena atau gejala-gejala alam semesta sehingga membentuk sebuah prinsip dan konsep. Kajian yang dipelajari IAD merupakan konsep atau prinsip yang pokok saja.
A.    Manusia Yang Bersifat Unik
1.      Organ tubuhnya kompleks dan sangat khusus
2.      Mengadakan metabolisme atau dapat memproses zat-zat yang masuk dan keluar
3.      Dapat menanggapi rangsangan yang datang dari luar tubuhnya
4.      Memiliki kemampuan dan potensi untuk berkembang
5.      Tumbuh
6.      Berinteraksi dengan lingkungan sekitar
7.      Bergerak
Bila membandingkan tubuh manusia dengan hewan-hewan yang rata-rata memiliki senjata untuk mempertahankan dirinya dari musuh atau pemangsa maka dapat dikatakan bahwa manusia merupakan makhluk yang sangat lemah. Contohnya jika dibandingkan dengan seekor burung, burung mampu terbang karena memiliki sayap sedangkan manusia tidak mampu menggunakan kedua tangannya untuk terbang, harimau dapat berlari menerkam mangsanya dengan cepat dan memiliki cakar dan gigi yang runcing dan tajam, dan banyak hal lainnya. Namun ada satu yang membedakan manusia dan membuatnya lebih spesial dibanding makhluk lain yaitu manusia memiliki akal yang tidak dimiliki oleh makhluk lain. Dengan proses berpikir melalui akal dan keinginan  kuat untuk tahu, manusia mampu menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu produk teknologi adalah manusia dapat menciptakan pesawat yang bisa mengangkut banyak orang meskipun tangan manusia sendiri tidak memiliki sayap seperti burung, manusia mampu menciptakan mobil dengan kecepatan tinggi lebih cepat dari lari harimau yang sedang mengejar mangsa, dan lain sebagainya.
B.     Kurositas atau Rasa Ingin Tahu dan Akal Budi
Setiap makhluk hidup mampu memberikan reaksi terhadap rangsangan yang datang dari luar tubuhnya. Contohnya kecambah yang ditanam di dua tempat berbeda, salah satu di tempat yang langsung terkena sinar matahari dan lainnya di tempat yang tidak terjangkau cahaya matahari maka kecambah yang ditanam dengan kesempatan mendapat cahaya matahari lebih banyak akan tumbuh lebih pendek dan sehat, begitupula sebaliknya, kecambah yang ditanam dengan pencahayaan matahari yang sedikit akan tumbuh lebih panjang dan layu. Hal ini disebabkan karena kecambah merangsang cahaya matahari yang sedikit mengenainya hingga memiliki naluri untuk memaksa pertumbuhan tubuhnya untuk mencapai tempat yang terjangkau matahari. Selain tumbuhan, hewan juga mampu memberikan reaksi terhadap lingkungan, misalnya di suatu tempat yang persediaan makananya sudah menipis maka hewan-hewan yang tinggal di tempat ini memiliki keingintahuan mencari tempat lain yang menyediakan jumlah makanan yang cukup. Rasa keingintahuan pada hewan itu didorong oleh naluri (instinc). Naluri itu bertujuan untuk mempertahankan diri dan sifatnya tetap sepanjang zaman.

Manusia juga memiliki naluri seperti hewan dan tumbuhan, di samping memiliki naluri manusia juga memiliki akal pikirian sehingga rasa ingin tahunya berlaku sepanjang zaman. Manusia memiliki rasa ingin tahu yang terus berkembang dan rasa ingin tahu tersebut tidak dapat dipuaskan. Apabila suatu masalah dapat dipecahkan lalu timbul masalah laiin maka manusia akan mencari pemecahan masalah selanjutnya. Ketika manusia bertanya apa dan mengetahui jawabannya maka manusia akan bertanya bagaimana dan mengapa. Manusia selalu mampu menciptakan pengetahuan yang baru sehingga dapat digabungkan dengan pengetahuan yang lama dan menghasilkan pengetahuan yang lebih baru lagi.

C.     Perkembangan Alam Pikiran Manusia
Manusia merupakan makhluk yang keingintahuannya terhadap setiap hal di alam semesta ini tidak terbatas. Seperti yang sudah disebutkan di atas, ketika manusia telah tahu jawaban dari pertanyaan apa, maka dia akan mencari jawaban dari pertanyaan mengapa. Namun terkadang pengamatan yang dilakukan manusia untuk memberikan kepuasan terhadap keingintahuannya yang besar sering mengalami hambatan dan tidak menemukan jawaban. Dahulu, manusia kuno mencari pemecahan yang tidak menemukan jawaban dengan cara mencoba menjawabnya sendiri. Misalnya, ketika mereka melihat pelangi mereka mengatakan bahwa pelangi adalah jembatan bidadari yang akan mandi di bumi padahal pelangi merupakan butiran air yang terkena pembiasan cahaya matahari. Pengetahuan baru yang dikombinasikan dengan pengalaman-pengalaman dan kepercayaan disebut mitos sedangkan cerita-cerita mengenai mitos tersebut disebut legenda.  Pada saat itu mitos bisa diterima karena keterbatasan penalaran dan penginderaan manusia. Namun seiring berjalannya dan zaman semakin maju lahirlah ilmu pengetahuan dan metode pemecahan masalah secara ilmiah yang selanjutnya dikenal dengan metode ilmiah.

Puncak pemikiran mitos adalah pada  zaman Babilonia. Ajaran bangsa Babilonia pada saat itu setengahnya merupakan dugaan, imanjinasi, kepercayaa, atau mitos. Pengetahuan semacam itu disebut Psuedo Sains (sains palsu yang artinya mirip sains tapi palsu, tidak terbukti keilmiahannya. Pemikiran seperti itu juga terjadi di Yunani kuno. Misalnya, Thales, seorang tokoh Yunani yang berpendapat bahwa bintang memiliki cahaya sendiri sedangkan bumi dan bulan memantulkan cahaya dari sinar matahari. Selain itu dia juga berpendapat bahwa bumi merupakan sebuah piring di atas air. Tokoh ini yang pertama kali mempertanyakan asal-usul dari setiap benda yang ada di muka bumi ini. Thales berpendapat bahwa segala yang ada di dunia ini merupakan gejala alam dan bahan dasar pembentuknya adalah air. Air mengalami berbagai proses sehingga terbentuklah benda-benda, artinya setiap benda yang ada itu tidak terbentuk begitu saja, dan kehidupan berasal dari air. Pendapat Thales ini merupakan pendapat yang berpengaruh besar pada masanya. Karena pada saat itu bangsa Yunani kuno masih mempercayai bahwa alam semeta dan isinya ini merupakan bentukan dewa-dewa.

Kemudian, semakin majunya cara berpikir manusia dan metode pengamata yang ada. Secara perlahan mitos dan legenda ditinggalkan dan manusia cenderung menggunakan akal sehat atau rasio.
Berikut adalah tokoh-tokoh Yunani yang telah memberikan sumbangan berpikir.
a.       Anaximander, berpendapat bahwa seluruh benda yang ada di langit mengelilingi bumui. Pendapat ini bertahan sampai abad pertengahan. Ia juga mengajarkan cara membuat jam matahari, yang pemakainnya menggunakan tongkat tegak lurus dan melihat bayangan yang ada sebagai penunjuk waktu.
b.       Anaximenes (560-520 SM), berpendapat bahwa semua benda-benda berasal dari air. Pendapat ini seperti halnya pendapat Thales. Air meruapakan sebuah benda, yang jika merenggang menjadi air dan jika memadat menjadi tanah (transmutasi unsur-unsur)
c.       Herakleitos (560-470 SM), merupakan seorang pengoreksi pendapat Anaximendes bahwa justru apilah yang menyebabkana transmutasi itu, tanpa api benda-benda akan seperti apa adanya.
d.      Pythagoras (500 SM), seorang yang berpendapat bahwa unsur benda terdiiri dari empat bahan dasar utama yaotu tanah, api, udara, dan air.
e.       Demokritos (460-370 SM) seorang yang berpendapat menganai pembagian unsur-unsur benda. Benda dapa dibagi terus-menerus sampai bagian terkecil yang disebut atom. Atom berukuran sangat kecil sehingga tidak kasap mata.
f.       Empedokles (480-430 SM), merupakan seseorang yang menyempurnakan pendapat Pythagoras mengenai empat unsur benda. Ia memperkenalkan tenaga daya tarik menarik benda yang dapat mempersatukan dan memisahkan unsur-unsur tersebut.
g.      Plato (427-345 SM), pemikir yang berbeda dari orang-orang sebelumnya. Plato berpendapat bahwa keanekaragaman yang tampak ini sebenarnya hanya suatu duplikat dari semua yang kekal.
h.      Aristoteles (384-322 SM), merupakan ahli pikir yang berdasarkan logika ada zamannya, ia merupakan ahli pikir yang membuat intisari dari ajaran orang-orang sebelumnya.
i.        Ptolomeus (127-151 M), seorang tokoh besar setelah Aristoteles. Pendapatnya yang penting adalah bahwa bumi sebagai pusat sistem tata surya, berbentuk bulat, diam dan seimbang meskipun tanpa penyangga.
j.        Avicennna (Ibn-Shina, abag 11), seorang ahli ilmu pengetahuan terutama dalam bidang kedokteran.

D.    Lahirnya Ilmu Alamiah
Telah disebutkan di depan bahwa manusia mampu memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan. Tanggapan terhadap keseluruhan rangsangan atau peristiwa itu merupakan suatu pengalaman. Dengan berjalannya waktu, pengalaman manusia terakumulasi karena manusi memiliki rasa ingin tahu terhadap segala yang ada di dunia ini. Pengalaman merupakan salah satu cara terbentuknya pengetahuan. Pengetahuan itu sendiri merupakan kumpulan fakta-fakta. Pengalaman itu terus bertambah selama manusia hidup dan mewarisi pengetahuan kepada generasi penerus. Pertambahan pengetahuan didorong oleh dua hal, pertama memenuhi rasa keingintahuan manusia dan memahami hakikat alam semesta. Kedua, memanfaatkan pengetahuan untuk menaikkan taraf hidup. Kedua hal tersebut menunjang kemajuan ilmu pengetahuan. Dorongan pertamam menunjang ilmu pengetahuan murni (Pure Science), sedangkan dorongan kedua menuju ilmu pengetahuan terapan (Applied Science).
Ilmu Alamiah merupakan kegiatan manusia yang aktif dan dinamis. Artinya, setiap kegiatan manusia yang tiada hentinya akan menghasilkan konsep dan mendorong dilakukannya percobaan berikutnya dan sterusnya.

E.     Kriteria Ilmiah

Kriteria merupakan patokan atau rambu-rambu dalam menentukan sesuatu itu benas atau tidak. Pengetahuan termasuk kategori ilmu jika memiliki kriteria yang harus dipenuhi, yakni teratur, sistematis,berobjek, bermetode, dan berlaku secara universal.

Objek ilmu alamiah adalah seluruh alam beserta isinya. Para ahli ada yang berpendapat bahwa tujuan dari Ilmu Alamiah adalah unutk mencari kebenaran terhadap objek tersebut dan kebenaran itu sifatnya relatif. Objek Ilmu Alamiah mencakup aspek yang sangat besar yakni aspek fisis, aspek kimiawi, aspek biologis, aspek sosial, aspek ekonomis, dan sebagainya. Karena luasnya aspek tersebut maka tidak mungkin Ilmu Alamiah mampu menjangkau kebenaran setiap aspek, untuk itu, hanya beberapa aspek daja yang Ilmu Alamiah mampu membuktikan kebenarannya. Meskipun demikian, Ilmu Alamiah telah mampu mencapai tujuannya yakni membuktikan kebenaran terhadap objeknya. Jadi, Ilmu Alamiah itu harus bersifat objektif.

Untuk mencapai kebenaran yang artinya keteraturan antara pengetahuan dan objeknya maka dibutuhkanlah prosedur atau metode yang tepat yaitu metode atau prosedur ilmiah (scientific method). Dengan prosedur alamiah tersebut akan dicapai sebuah kebenaran yang merupukan keputusan terhadap objeknya dan akan disusun berdasarkan cara atau rumus tertentu. Namun, keputusan mengenai keadaan, sifat, dan lain-lain dari objek itu bukanlah kebenaran yang bersifat khusus melainkan umum karena pengetahuan hanya mencari kebenaran yang bersifat umum. Misalnya logam yang dipanaskan akan memuai. Dalil ini berlaku untuk setiap logam yang ada di muka bumi ini, tidak hanya logam besi atau logam lainnya. Dengan demikian, hukum itu berlaku secara umum meskipun hanya diambil dari salah satu aspek alam semesta saja yang didapat dengan menggunakan metode ilmiah yang dirumuskan, diorganisasikan, dan diklasifikasikan yang terbukti secara signifikan. Perlu diperhatikan bahwa pengetahuan tentang suatu objek berkaitan dengan aspek lain sehingga timbul ketergantungan satu dengan yang lainnya.

F.      Metode Ilmiah dan Implementasinya

Segala kebenaran yang terdapat dalam Ilmu Alamiah terletak pada metode alamiah. Kelebihan dan kekurangan Ilmu Alamiah tergantung pada metode alamiah, maka setiap pemecahan masalah yang tidak menggunakaan metode alamiah tidaklah dapat dikatakan ilmiah. Langkah pemecahan atau prosedur ilmiah dapat dirinci sebagai berikut.
1.      Penginderaan
Penginderaan merupakan langkah pertama dalam metode ilmiah. Segala sesuatu yang tidak dapat diindera maka tidak dapat diselidiki oleh Ilmu Alamiah meskipun penginderaan tidak selalu langsung. Misalhnya mengenai cara berpikir seseorang, tidak bisa diindera secara langsung namun hasilnya dapat dilihat dalam bentuk tingkah laku.

Agar penginderaan menghasilkan kebenaran yang maksimal maka harus dilakukan berulang-ulang dan dalam waktu yang lama karena penginderaan yang tepat sangatlah sulit. Setiap orang mampu melakukan penginderaan dengan menggunakan kelima inderanya, namun hal itu dapat mengakibatkan prasangka. Misalnya seorang pemusik memiliki indera dengar yang sangat peka dan mampu menerka kunci-kunci musik apa yang dimainkan tanpa mengetahui kebenarannya dengan pasti. Untuk memecahkan masalah itu biasanya penginderaan juga menggunakan instrumen standar, misalnya untuk mengukur suhu air tidak cukup hanya dengan menggunakan tangan tetapi juga dibutuhkan termoter, dan sebagainya.

2.      Masalah atau Problem
Setelah melakukan penginderaan, langkah kedua adalah menemukan masalah. Biasanya hal ini dilakukan dengan membuat pertanyaan, apa hasil penginderaan itu?, bagaimana bisa terjadi?, mengapa terjadi?, dan sebagainya. Penginderaan yang dilakukan oleh masyarakat umum tentu berbeda dengan yang dilakukan oleh ahli atau ilmuan karena biasanya ilmuan memiliki rasa ingin tahu yang ebih kuat. Sehingga pertanyaan-pertanyaan di atas harus dijawab dan dapat diuji dan pengujiannya harus menggunakan teknik yang akurat.

3.      Hipotesis
Pertanyaan yang tepat akan memberikan sebuah jawaban sementara atau dugaan. Dalam Ilmu Alamiah dugaan tersebut disebut hipotesis. Untuk membuktikan apakah dugaan itu benar atau tidak maka membutuhkan data atau fakta. Data atau fakta itu dapat dikumpulkan melalui survei atau eksperimen. Hipotesisi yang tidak didukung oleh data-data harus bersifat sederhana dan mampu memiliki jangkauan yang luas.

4.      Eksperimen
Eksperimen merupakan langkah metode ilmiah keempat. Dalam hal ini Ilmu alamiah dan non-Alamiah dapat dipisahkan secara sempurna. Eksperimen dapat menghilangkan  pendapat umum yang sifatnya emosional dan tidak didukung oleh bukti. Karena pendapat umum yang tidak dapat dibuktikan hanyalah sebuah ilusi dan tidak bijaksana. Eksperimen dapat menunjukaan bukti sehingga dapat memberikan jawaban yang benar atau ilmiah.eksp[erimen yang baik harus dirancang dengan sempurna sehingga semua faktor dapat dikendalikan dan hipotesis dapat diuji kebenarannya.
5.      Teori
Apabila suatu hipotesis telah dibuktikan atau diuji kebenaranya melalui berbagai eksperimen dan diperoleh data yang meyakinkan dan valid meskipun ada berbagai keterbatasan di dalamnya, maka langkah selanjutnya adalah menyusun teori.

G.    Keterbatasan Ilmu Alamiah
1.      Bidang Ilmu Alamiah
Yang menentukan bidang alamiah adalah metode ilmiah karena bidang alamiah merupakan tempat di mana metode alamiah dapat diterapkan. Begitu juga sebaliknya, non-Ilmu Alamiah adalah wadah dimana metode alamiah tidak dapat diterapkan.

2.      Tujuan Ilmu Alamiah
Konsekuensi dari metode ilmiah adalah menerapkan tujuan Ilmu Alamiah yaitu membentuk dan menggunakan teori. Banyak orang mengatakan bahwa tujuan dari Ilmu Alamiah adalah membuktikan kebenran, tetapi permasalahannya adalah kebenran yang bagaimana, kebenaran sementara atau mutlak. Dalam hal ini, kebenaran mutlak dalam Ilmu Alamiah telah berakhir. Artinya jika Ilmu Alamiah memberikan kebenaran mutlak maka Ilmu Alamiah tidak dapat bertindak lebih lanjut.

3.      Ilmu Alamiah dan Nilai
Metode ilmiah tidak dapat memberikan nilai atau moral terhadap setiap keputusannya. Manusia yang menilai apakah keputusan dari metode ilmiah itu baik atau tidak.

H.     Filsafat Ilmu Alamiah
Berbicara tentang filsafat, filsafat adalah suatu acuan atau alat untuk menimbang suatu ilmu atau pengetahuan di mana melalui filsafat dapat ditelaah atau dianalisislah sesuatu ilmu dan penggetahuan itu sehingga layak untuk disampaikan.
Dan selanjutnya jika berbicara tentang filsafat Ilmu Alamiah sebaiknya dapat ditelaah atau dianalisis keseluruhan atau bagian demi bagian sehingga memiliki nilai alamiah. Filsafat yang tidak dapat ditelaah kembali tidak akan memiliki nilai ilmiah, walaupun filsafat itu mempunyai nilai yang baik dalam segi lain dalam pikiran dan pandangan manusia.
1.      Filsafat vitalisme
Pada awal dari perkembangan Ilmu Alamiah di mana masih tercampur dengan kepercayaan atau mitos disaat itulah adanya filsafat vitalisme. Dan dengan pemahaman tentang vitalisme itu merupakan suatu masukan dari luar atau doktrin yang mempengaruhi dan menyatakan adanya kekuatan di luar alam. Yang sebenarnya vitalisme itu adalah Tuhan Yang Maha Esa yang mana kekuatan itu mengatur segala hal di alam semesta, planet, makhluk hidup, dan juga jiwa pada makhluk hidup itu. Dengan begitu sebagian besar filsafat pada agama adalah filsafat vitalisme. Namun di dalam Ilmu Alamiah hal ini tidak cocok karena tidak mempunyai nilai alamiah, di mana vitalisme itu tidak dapat dianalisis secara eksperimen berdasarkan metode ilmiah.

2.      Filsafat mekanisme
Dalam mekanisme ini disampaikan dengan suatu pandangan bahwa penyebab semua yang ada di alam semesta adalah karena adanya hokum alam. Dan karena mengacu dengan hokum alam itu maka dilakukan eksperimen menurut metode ilmiah. Dan dengan begitu dianggap bahwa semua gejala pada makhluk hidup secara otomatis terjadi karena dasar hokum alam (peristiwa fisika-kimiawi saja).
Dan dengan pandangan itu maka disamakan antara gejala pada makhluk hidup dan gejala pada benda mati di mana menghanyutkan manusia menjadi ateisme.

3.      Agnotisme
Karena setelah ditelaah antara vitalisme dan mekanisme maka ditemukan suatu perbedaan tentang ada tidaknya sang pencipta. Maka untuk menghindari pertentangan, terdapat aliran yang melepaskan diri atau tidak peduli dengan ada atau tiadakny asang pencipta tersebut, karena mereka hanya mempelajari gejala-gejala alam. Di mana ajaran ini banyak dianut ilmuwan barat.

4.      Filsafat pancasila
Filsafat pancasila ini adalah filsafat yang dianut seluruh rakyat Indonesia dan ilmuwan-ilmuwan indonesiayang di mana dalam filsafat ini berarti menganut kepercayaan.
Dan dalam filsafat ini juga harus terjadi penghubungan atau dapat menjembatani antara filsafat vitalisme dengan filsafat mekanisme. Yang mana mampu menjawab bahwa hokum alam dalam filsafat mekanisme adalah ciptaan Tuhan dalam filsafat vitalisme. Maka dengan tegas dalam filsafat ini dikatakan bahwa segala sesuatu diatur oleh Tuhan Yang Maha Esa.

I.       Bahasa Ilmu Alamiah
Secara mendasar I.A merupakan suatu bahasa  dan suatu system komunikasi. Di mana ilmu alamiah merupakan bahasa yang universalyang dimengerti oleh semua orang di muka bumi ini. Antara agama dan ilmu alamiah memang sama-sama universal, tetapi di dalam ilmu alamiah tetap memiliki kesetaraan makna walaupun dinyatakan dalam bahasa yang berbeda. Contohnya bahasa Indonesia menyatakan “air”, bahasa Inggris menyatakan “water”, bahasa latin menyatakan “aqua”, sedangkan  bahasa dalam ilmu alamiah adalah H2O, di mana seluruhnya adalah setara, tidak ada yang palling benar daripada yang lain.dengan begitu bahasa air dalam Ilmu Alamiah dapat dimengerti oleh semua orang di muka bumi ini. Dan dalam bahasa ini tampaknya kita berhadapan dengan berbagai patokan dalam menghadapi system komunikasiyang berbeda yang kita gunakan.
J.       Kemampuan Memecahkan Masalah Dapat Dipelajari Dengan Melakukan Pemecahan Masalah

Pemecahan masalah, sama seperti keterampilan yang lain yang dapat dipelajari dengan berbuat. Namun haruslah diingat bahwa kita akan semakin berhasil jika belajar itu mempunyai makna (arti) bagi kita.  Banyaknya jenis masalah yang dipecahkan akan menentukan berapa banyak kita mempelajari tentang pemecahan masalah.
Manusia mempunya indera yang sama dengan beberapa jenis hewan lain, tapi ia dibedakan dengan kecerdasannya, yang menjadikannya tidak hanya dapat merencanakan dan mengontrol penginderaannya, tetapi juga merancang instrument untuk membantu inderanya sendiri. Di mana dengan menggunakan penginderaan itu dapat membantu dirinya untuk menuju pemecahan atau pengujian masalah dengan hasil yang baik dan menarik. Jadi suatu kemampuan dalam memecahkan masalah itu dapat dipelajari dengan kita berlaih terus dalam menyelesaikan masalahitu sendiri.

K.    Keterbatasan Indera Manusia

Berdasarkan penelitian sederhana terhadap indera manusioa yang normal, ternyata memang kisaranpeninderaan manusia sangat terbatas.
1.      Pengelihatan
Terdapat berbagai jenis gerak yang terlalu cepat atau terlalu lambat  yang tidak dapat dideteksi oleh mata telanjang. Kisaran mata kita juga sangat terbatas pada ukuran partikel yang dapat terlihat dan terhadap jarak yang dapat terlihat. Mata manusia normal tidak dapat memisahkan komponen-komponen warna, tetapi menerima semua panjang gelombang spectrum yang terlihat sebagai suatu rangsangan perasaan lewat mata.

2.      Pendengaran
Telinga manusia cukup peka/ sensitive terhadap gelombang suara berfrekuensi antara 16-20.000 Hz/detik getaran di bawah dan di atas frekuensi itu sulit untuk bisa dideteksi. Telinga kita hanya dapat mengenali sejumlah suara terbatasyang timbul secara serentak.

3.      Pengecapan dan pembauan
Pengecapan dan pembauan merupakan penginderaan yang bersifat kimia, terbatas dalam kisaran tertentu, dan tidak tergantung pada bantuan yang bersifat mekanis. Indera-indera itu dikatakan bersifat kimia karena dapat mendeteksi molekul-molekul zat dari berbagai jenis yang berbeda. Manusia dapat membedakan antara rasa manis, asam, asin, dan pahit. Dan dapat mencium berbagai jenis bau-bauan.

4.      Penginderaan kulit
Alat indera kulit manusia dapat membedakan antara panas, dingin, dan tekanan secara relative, serta dapat mengukur panas hanya secara kasar. Indera peraba juga tidak dapat membuat observasi secara eksak. Kulit berfungsi sebagai indera peraba sebagai kontak langsung dengan objek.

5.      Pengideraan dalam (Deep sensibility)
Penginderan dalam termasuk beberapa indera, misalnya penginderaan otot daging dansendi maupun penginderaan statis dan keseimbangan. Di mana manusia mempunyai perbedaan yang sangat besar dalam kemampuannya untuk mengadakan perkiraan arah, jarak, bobot, tekanan, atau untuk mempertahankan keseimbangan. Keterbatasan penginderaan manusia sering kali juga menimbulkan kekeliruan informasi dan indera lain juga bisa menghasilkan salah kesan dalam kondisi tertentu.


6.      Peningkatan daya penginderaan
Untuk meningkatkan daya penginderaan sehingga diperoleh kebenaran maka dapat dilakukan dengan :
Ø  Latihan
Melalui latihan, yaitu dengan sering melakukan tes-tes dan latihan pengujian dengan berbagai indera kita. Dengan tujuan pengembangan kemampuan pennginderan yang cermat dengan berbagai instrument yang berbeda.
Ø  Kewaspadaan
Dalam hal peningkatan penginderaan, kewaspadaan sangatlah penting dilakukan karena melihat suatu masalah tidaklah hanya dari satu sisi saja, tapi hal itu sering tidak disadari dan tidak seorang pun yang dapat waspada terhadap sesuatu yang berlangsung di sekitarnya, di mana kekeliruan-kekeliruan itu akan justru disebabkan oleh sifat manusia yang kurang waspada itu.
Ø  Instrument harus dikalibrasi
Dalam peningkatan daya penginderaan harus adanya penyetaraan instrument dan menyesuaikannya sehingga instrument itu akan memberikan hasil yang sama seperti instrument yang telah disetarakan. Karena bagaimanapun mungkin akan terjadi perbedaan-perbedaan pada instrument tersebut.
Ø  Pengecekan kembali
Kekeliruan-kekeliriuan yang terjadi dapat dihindari dengan melakukan pengecekan ulang. Janganlah percaya pada informasi yang didapatkan sebelum dilakukan pengecekan. Mudah percaya adalah ketiktelitian seseorang yang disebabkan keteledoran dalam melakukan pengecekan kembali.
Ø  Eksperimen
Begitu banyaknya masalah sehingga dibutuhkan suatu percobaan/ uji. Dan yang mungkin paling signifikan dan penting dalam observasi yang terkontrol itu adlah bahwa kegiatan itu membuat banyak pengamat dapat mempelajari secara tepat situasi-situasi yang sama dan mengecek, membetulkan, dan melengkapi hasil-hasil yang diperoleh dari pengamatan / eksperimen. Di man pengontrolan itu dilakukan dengan menyamakan variable kontrolnya.
Ø  Penginderaan meliputi analisis dansintesis
Dalam menganalisis harus dilakukan penghayatan dan pengamatan sampai pada bagian-bagian kecil dari masalah. Sedanngkan dalam sintesis seseorang itu harus mampu memadukan hal-hal kecil menjadi satu dan mempunyai arti.
Ø  Instrument baru
Penemuan isntrumen baru merupakan sumbangan yang paling penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Ratusan instrument baru telah ditemukan hingga manusia dapat melakukan observasi lebih pasti dan lebih teliti.
Ø  Pengukuran
Dalam memperoleh data, para ilmuwan harus menggambarkan objek atau fenomena secermat mungkin, dan hamper dalam setiap hal suatu uraian kuntitatif harus dinyatakan secara matematis. Syarat pengukuran adalah harus memiliki ketepatan yang tinggi yang mana juga merupakan pengetahuan eksaktaseperti Ilmu Alamiah.

L.     Pengorganisasian Data
a.       Dalam ststistik, dapat mengabaikan hal yang mendetail secara bijaksana
Statistic merupakan suatu prosedur guna mengukur keseluruhan anggota kelompok daripada pengukuran setiap anggota kelompok. Bila dibandingkan dua kelompok dalam eksperimen, satu kelompok dijadikan sebagai kontroldan dengan mengubah-ubah factor yang dipelajari dalam kelompok yang lain, maka perbedaan data akan dapat diamati. Apakah itu merupakan suatu kebetulan atau memang perbedaan-perbedaan itu mempunyai mempunyai beberapa signifikasi yang eksperimental.

b.      Pengetahuan diklasifikasikan menjadi bentuk yang sistematis
Pengetahuan menjadi signifikan jika disusun secara sistematis.karena manusian tidak akan mampu memahammi pengetahuan pada masa kini secara keseluruhan dan guna menghemat waktu dan tenag maka pengetahuan dikelompokan menjadi ilmu pengetahuan. Dan juga susunan secara sistematis ini akan memberikan ilmu pengetahuan sifat meramalkan kemungkinan peristiwa di kemudian hari.

M.   Pembagian Ilmu Pengetahuan
Berdasarkan beberapa pendapat, ilmu pengetahuan dalam arti luas dibedakan menjadi:
v  Ilmu pengetahuan social (IPS) yang membahas hubungan antarmanusia sebagai makhluk social. Yang terdiri dari:
1)        Psikologogi
2)        Antropologi
3)        Etnologi
4)        Sejarah
5)        Ekonomi
6)        Sosiologi
v  Ilmu pengetahuan alam(IPA) yang membahas tentang alam semesta dan semua isinya. Yang terdiri dari:
1)        Fisika
2)        Kimia
3)        Biologifisiologi
4)        Sitologi
5)        Histology
6)        Palaentologi
v  Ilmu pengetahuan bumi dan antariksa (IPBA)yang membahas bumi sebagai salah satu anggota tata surya dan ruang angkasa dengan benda angkasa lainnya. Yang terdiri dari:
1)   Geologi
2)   Astronomi
3)   Geografi

N.    Ilmu Pengetahuan Pada Hakikatnya Merupakan Satu Unit
Pemisahan atau pembagian ilmu pengetahuan terjadi karena ilmu pengetahuan berkembang dalam proses yang cukup lama. Namun, dalam perkembangannya lebih lanjut, tampak kecenderungan generalisasi dari beberapa cabang ilmu pengetahuan,sehingga cabang-cabang itu bertemu kembali karena pada hakikatnya merupakan satu unit.

O.    Penelaahan Alam Semesta Dan Sikap Ilmiah
Dalam penelaahan objek selalu menggunakan metode ilmiah sehingga akan menemmukan kebenaran ilmiah atas objek itu. Dalam penelaahan itu aka ditemukan dikembangkan dan dipelajari lebih lanjut. Pada akhirnya tersusunlah kebenaran-kebenaran umum yang disebut ilmu pengetahuan. Kebenaran ilmu pengetahuan tidak bersifat mutlak sehingga ilmuwan berikutnya dapat menguji, membantah dan mengoreksi kembali. Dan dengan cara penelaahan yang samalah terjadi penelaahan terhadap alam semesta.
1.      Relativitas ilmu alamiah
Kebenaran yang  ditemukan manusia suatu saat  mungkin disangkal atau diubah dengan kebenaran yang baru. Hal ini didasari bahwa kebenaran yang ditemukan manusia tidaklah mutlak dadn tidak ada suatu kepastian terakhir, karena perubahan adalah sifat dominaan dari alam semesta. Karena tidak ada kebenaran yang mutlak itu maka didapatlah kesimpulan sementara  yang bersifat tentative berdasarkan data yang ada.

2.      Sikap ilmiah
Tujuan dari belajar Ilmu Alamiah adalah membentuk sikap ilmiah yang meliputi:
v  Mempunyai rasa ingin tahu atau kuriositas yang tinggi dan kemampuan belajar yang besar.
v  Tidak dapat menerima kebenaran tanpa bukti
v  Jujur
v  Terbuka
v  Toleran
v  Skeptis(keraguan)
v  Optimis
v  Pemberani
v  Kreatif dan swadaya

3.      Pembentukan sikap ilmiah
Dari sikap-sikap di atas dapat menunjukan tujuan yang akan dicapai oleh seseorang yang ingin menumbuhkan sikap ilmiah pada dirinya karena tidak ada orang terlahir dengan sikap ilmiah kecuali mereka berbuat dengan usaha yang sungguh-sungguh. Atau dapat pula dengan membaca beberapa biografi ilmuwan besar yang telah menyumbangkan karyanya bagi kesejahteraan umat manusia.

P.       Peranan Matematika Dalam Ilmu Alamiah
Penggunaan matematika dalam ilmu alamiah tidak diragukan lagi  karena perhitungan matematika menjadi dasar teknologi sebagai ilmu terapan ilmu alamiah. Dan untuk menyatakan ilmu alamiah yang disampaikan dalam bentuk angka.


BAB 2
Materi Dan Energi

A.    Materi
Benda terdiri atas suatu materi dan energi. Tubuh suatu organisme dibagun oleh materi dan bergantung pada energi. Jadi mahluk hidup ataupun yang tidak hidup semua tersusun dari materi. Materi adalah sesuatu yang memiliki massa dan menepati suatu ruang. Sebagai contoh, udara tersusun dari gas-gas yang tidak dapat dilihat dengan mata tetapi dapat dibuktikan keberadaannya dan dapat diketahui massanya.
1.      Wujud Materi
Wujud materi ada tiga macam yaitu padat,cair, dan gas. Zat padat memiliki bentuk dan volume yang tetap, selama tidak ada pengaruh lain. Contoh emas memiliki bentuk dan volume tetap dimanapun berada. Zat cair mempunyai bentuk yang berubah-ubah sesuai dengan bentuk ruang yang ditempatinya dan volume yang tetap. Contoh, air di dalam gelas, bentuknya akan seperti gelas tetapi tetap memiliki volume yang tetap.Sedangkan gas tidak tetap baik bentuk dan volumenya karena gas mengisi seluruh ruang yang tersedia.

2.      Massa dan Berat
Massa suatu benda menyatakan jumlah materi yang ada pada benda tersebut. Massa suatu benda tetap di segala tempat. Massa merupakan sifat dasar materi yang penting.

Berat suatu benda dapat diukur dengan menimbangnya, tetapi massa suatu benda dapat dihitung jika diketahui beratnya dan gaya gravitasi ditempat penimbangan dilakukan. Oleh kerena itu, digunakanlah neraca. Dua benda yang memiliki massa sama jika ditimbang ditempat yang sama, beratnya akan sama. Maka, timbul pengertian bahwa massa sama dengan berat.
3.      Klasifikasi Materi
Suatu benda yang seluruh bagiannya memiliki sifat-sifat yang sama disebut bahan homogen. Contoh, larutan gula dalam air. Larutan memang merupakan campuran yang serba sama. Sedangkan tanah dan campuran minyak dengan air merupakan campuran heterogen.

Suatu bahan yang tersusun dari dua atau lebih zat-zat yang sifatnya berbeda disebut campuran. Komposisi campuran tidak tetap, tetapi bervariasi. Oleh karena itu, akan kita kenal campuran homogen dan campuran heterogen.

Batu kapur, granit, batu pualam merupakan campuran heterogen karena tampak jelas heterogenitas sifat-sifatnya.

Materi yang homogen dan susunan kimianya tetap disebut zat atau substansi. Ada dua macam zat,yaitu unsur dan senyawa. Unsur yaitu zat yang dengan reaksi kimia tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat-zat lain. Contoh, oksigen (O), dan Hidrogen (H). Sedangkan senyawa adalah zat yang dengan unsur kimia dapat diuraikan menjadi beberapa zat lain yang lebih sederhana. Contohnya yaitu air.

4.      Atom dan Molekul
Pada abad 5 sebelum Masehi, Leukippos dan Demokritos telah mengembangkan ajaran mikrokosmos tentang hebatnya materi.

Demokritos (460-370 SM) menyatakan bahwa struktur zat discontinue dan bahwa semua materi terdiri atas partikel-partikel yang sangat kecil yang disebut atom (a=tidak, tomos=dibagi).

Pada masa Robert Boyle,yakni pada abad ke-17, para ahli Fisika mengembangkan teori baru tentang struktur materi,yaitu teori molekul. Menurut teori ini, partikel-partikel terkecil zat disebut molekul, dan molekul-molekul zat yang sama akan sama semua sifatnya. Teori ini juga menerangkan peristiwa diferensiasi zat perubahan wujud zat, dan sifat-sifat gas.
a.       Teori Atom Dalton
Pada awal abad ke-19 (1766-1874), John Dalton menerangkan dua buah hukum dasar ilmu kimia, yakni hukum kekekalan massa dari Lavoisier dan hukum ketetapan perbandingan dari Proust. Dasar teorinya antara lain sebagai berikut;
·         Tiap-tiap unsur terdiri dari partikel-partikel kecil yang disebut atom. Atom tidak dapat dibagi-bagi.
·         Atom-atom unsur yang sama, sifatnya sama, atom dari unsur yang berbeda, sifatnya juga berbeda.
·         Atom tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan.
·         Reaksi kimia tejadi karena pengabungan atau pemisahan atom-atom.
·         Senyawa ialah hasil reaksi atom-atom penyusunnya.
Untuk membedakan unsur atom, Berzellius mengembangkan tanda atom. Tanda atom umumnya diturunkan dari nama Latin dengan mengambil huruf pertama dan seringkali ditambah dengan sebuah huruf lain dalam nama itu.
5.      Susunan Atom
Pengetahuan tentang susunan atom menjadi jelas setelah penelitian-penelitian oleh Sir Humphry Davy dan Michael Faraday, yang keduanya berasal dari Inggris.
a.       Penemuan Elektron dan Proton
Partikel atom yang pertama kali ditemukan adalah elektron. Berawal dari penyelidikan tentang listrik melalui gas-gas pada tekanan rendah.

Percobaan dilakukan oleh Joseph John Thomson dan kawan-kawannya mengenai hantaran listrik melalui berbagai gas dengan menggunakan tabung tertutup yang dapat dihampakan. Pada ujung-ujung tabung itu terdapat kutub listrik positif atau anoda dan kutub negatif atau katoda. Bila keduanya dihubungkan dengan sumber listrik bertegangan tinggi dan tekanan gas didalam tabung dikurangi, akan terjadi pancaran sinar berasal dari katoda dan menuju ke anoda yang disebut sinar katoda yang bersifat cahaya dan dapat mengerakan baling-baling yang diletakan dalam jalannya. Dari sifat tersebut menunjukan bahwa sinar katoda terdiri dari partikel-partikel bermuatan listrik negatif.

Pada tahun 1897, J.J. Thomson (1856-1940) membuktikan dengan eksperimen bahwa partikel sinar katoda tidak bergantung pada bahan katoda. Partikel itu disebut elektron. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa tiap atom unsur mengandung elektron.

E. Goldstein seorang berkebangsaan jerman pada tahun 1886 menemukan bahwa apabila lempeng tabung katoda itu berlubang-lubang maka gas yang terdapat di belakang katoda akan berpijar. Ini menunjukan bahwa ada sejenis sinar yang melewati lubang-lubang yang terdapat pada katoda. Sinar ini disebut sinar saluran karena melalui saluran yag menghubungkan ruang belakang katoda dengan ruang di antara kedua kutub. Percobaan selanjutnya, dengan menggunakan berbagai jenis gas, menunjukan adanya massa partikel positif dari sinar saluran itu bergantung pada jenis yang dipakai. Ini diperoleh bila gas yang digunakan adalah gas Hidrogen, patikel terkecil ini kemudian disebut proton.

b.      Model Atom
Dengan ditemukan elektron, maka Model atom Dalton diganti dengan Model atom Thomson. Menurut Thomson, atom berupa bola bermuatan positif dan pada tempat-tempat tertentu terdapat elektron-elektron. Jumlah muatan positif sama dengan muatan negatif sehingga atom bersifat netral. Model atom Thomson mulai ditinggalkan sejak Ernest Rutherford yang dibantu Hans Geiger dan Ernest Marsden pada tahun 1909 menemukan bukti-bukti baru tentang sifat atom melalui eksperimen yang disebut eksperimen penghabluran sinar alfa.

Sinar alfa yaitu sinar positif yang dapat dihasilkan dalam tabung sinar katoda yang berisi gas helium, akan tetapi pada eksperimen ini digunakan bahan radioaktif sebagai sumber partikel alfa yang berkecepatan tinggi. Pada tahun 1911 Rutherford menduga bahwa atom hampir seluruhnya terdiri atas ruang kosong. Dan ada muatan positif atom, dengan demikian merupakan massa atom, yang terkumpul dalam volume yang sangat kecil yang disebut inti atom (the atomic nucleus). Inti atom harus merupakan bagian yang sangat kecil dari atom. Inti atom dikelilingi oleh elektron-elektron.

Di dalam inti atom ada suatu bagian ruangan yang saling tarik-menarik dengan sejumlah elektron sesuai dengan jumlah muatan inti yang disebut proton. Jumlah proton di dalam inti atom disebut nomor atom. J.J. Chadwick pada tahun 1932 secara kuantitatif menyelidiki bagian inti atom yang lain yang bersifat netral. Partikel ini disebut netron. Karena terdapat di dalam inti atom, proton dan netron disebut pula nukleon. Jumlah nukleon merupakan nomor massa dari suatu atom.

c.       Model atom Bohr
Menurut teori mekanika klasik tentang cahaya, elektron yang bergerak harus disertai harus disertai kehilangan tenaga kinetik eloktron. Dengan demikian, kecepatan elektron itu semakin lama semakin berkurang, jaraknya terhadap inti semakin kecil, dan akhirnya akan jatuh dan melekat pada inti. Untuk mengatasi kelemahan model atom Rutherford, Bohr mengajukan pendapat yang revolusioner, yang bertentangan dengan mekanika klasik Newton. Menurut Bohr, di sekitar inti terdapat lintasan-lintasan elektron yang berjumlah terbatas. Dan pada lintasan itu bergerak sebuah elektron yang tdak memancarkan sinar. Maka, dalam keadaan station, elektron memiliki jumlah tenaga tetap dan terdapat dalam keadaan seimbang yang mantap.

B.     Energi
Energi adalah kemamapuan untuk melakukan suatu kegiatan atau kerja. Tanpa adanya energi dunia ini akan diam. Dalam kehidupannya manusia selalu melakukan kegiatan menggunakan  otak serta otot dan untuk menggerakan otak dan otot tersebut dibutuhkan suatu energi. Energi diperoleh melalui pembakaran zat makanan yang masuk ke tubuh manusia berupa makanan. Kegiatan manusia lainnya dalam memproduksi barang juga memerlukan suatu energi yang diperoleh dari bahan sumber energi atau sering di sebut sumber daya alam.

Sumber energi atau sumber daya alam dibedakan menjadi dua yaitu:
a.       Sumber daya alam yang dapat diperbaharui tidak dapat habis, contoh ; tumbuhan, hewan, air, tanah, sinar matahari, angin, dan sebaginya.
b.      Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui atau habis, contoh; minyak bumi, batu bara, emas, perak, nikel.
Secara detail energi dapat dibedakan atas butir-butir berikut dan perlu diketahui bahwa energy dapat diubah dari suatu bentuk ke bentuk lainnya. Contohnya, energi potensial air terjun dapat diubah menjadi energi listrik, energy gerak.

1.      Energi Mekanik
Energi mekanik adalah energi yang dimiliki suatu benda karena sifat geraknya. Energi mekanik terdiri dari energi potensial dan energi kinetik.  
Energi potensial adalah energi yang dimiliki suatu benda karena posisinya (kedudukan) terhadap suatu acuan.Energi kinetik adalah energi yang dimiliki suatu benda karena geraknya. Setiap benda mempunyai berat, baik dalam keadaan diam atau bergerak setiap benda mempunyai energi. Contohnya, energi yang tersimpan dalam air yang dibendung pada sebuah waduk bersifat tidak aktif, disebut juga dengan energi  potensial (energi tempat). Bila bendungan waduk dibuka, air akan mengalir dengan deras, sehingga energi air menjadi aktif, disebut juga dengan energi kinetik. Mengalirnya air tersebut adalah dengan energi kinetik (tenaga gerak).

Air waduk pada contoh di atas memiliki energi potensial karena letaknya. Semakin tinggi letak air waduk terhadap permukaan air laut, semakin besar energi potensialnya. Kenyataan itu dapat dirumuskan sebagai berikut.

Epotensial = mgh
m         = massa benda
g          = beasar gravitasi bumi
h          = jarak ketinggiannya
Sedangkan besarnya energi kinetik dapat dirumuskan:
Ekinetik   = ½ m V2
V         = kecepatan gerak benda

2.      Energi Panas
Energi panas disebut juga sebagai energi kalor. Pemberian panas pada suatu benda dapat menyebabkan naiknya suhu suatu benda tersebut atau bahkan bapat menyebabkan perubahan bentuk, perubahan ukuran, atau bisa juga terjadi perubahan volume benda tersebut.  Ada tiga istilah yang penggunaannya sering rancu, yaitu panas, kalor, dan suhu. Panas adalah suatu bentuk energy. Energy panas yang berpindah disebut kalor, dan suhu adalah derajat panas pada suatu benda.
Contoh, ketika sedang merebus air berarti energy panas diberikan kepada air, yang berasal dari energy yang tersimpan di dalam bahan bakar kayu atau minyak tanah sehingga suhu air akan naik. Jika energy panas diteruskan sampai suhu air meningkat mencapai titik didihnya, maka air akan menguap dan akan berubah bentuk menjadi uap air.

Banyaknya energy panas yang diberikan dapat dihitung dengan menggunakan rumus :
Q = m x c t kalori, di mana
Q = menyatakan banyaknya energy panas dalam kalori
m = menyatakan masa benda/zat yang  mendapatkan energy panas
c  = menyatakan kalor jenis benda/zat  yang  mendapatkan panas
t  = menyatakan kenaikan (perubahan suhu)

3.      Energy magnetik
Banyak hal yang dapat kita pelajari dari magnet.  Magnet akan menarik benda-benda yang mengandung medan magnet disekitarnya. Magnet juga akan menahan benda-benda yang telah menempel padanya.  Bahkan magnet juga mampu mengarahkan suatu logam bermedan magnet kepada arah tertentu. Magnet juga  akan menularkan sifat magnetis pada benda-benda yang melekat padanya, sehingga sama-sama mempunyai kekuatan magnetis.

Energi magnetik adalah energi yang tersimpan di dalam magnet. Energi magnetik dapat dipahami dengan mengamati gejala yang ditimbulkan dua batang magnet yang kutub-kutubnya saling didekatkan satu dengan yang lainnya. Seperti telah di ketahui bahwa magnet itu mempunyai  2 macam kutub, yaitu kutub magnet selatan dan utara. Jika kedua batang magnet yang mempunyai kutub yang sama apabila saling didekatkan maka kedua magnet tersebut akan saling bertolakan. Namun sebalaiknya apabila kedua magnet mempunyai kutub yang tidak sama maka kedua magnat tersebut akan saling tarik-menarik. 
Pengertian mengenai energy magnetic akan sangat jelas jika dipahami melalui penelitian medan magnet. Di sekitar kutub suatu magnet terdapat medan magnet, yaitu berupa ruangan atau daerah di sekeliling kutub magnet di mana energy magnetic masih dapat dirasakan. Hal ini dapat diperhatikan gejalanya apabila suatu benda kecil ataupun suatu magnet yang lemah diletakan sekitar kutub magnet, maka benda kecil atau mgnet tersebut akan begerak. Itu berarti bahwa di sekeliling magnet yang menimbulkan medan magnet ada kemampuan untuk menggerakan benda lain. kemampuan tersebut adalah energy magnetic. Magnet dapat menarik benda lain apabila benda tersebut dalam bentuk magnet atau suatu benda yang terdapat energy magnetiknya. Benda-benda yang dapat menjadi magnet yaitu, besi dan baja.

4.      Energy listrik
Energi listrik adalah kemampuan untuk melakukan atau menghasilkan usaha listrik (kemampuan yang diperlukan untuk memindahkan muatan listrik dari satu titik ke titik yang lain yang tersimpan dalam arus listik. Energi listrik ditimbulkan melalui berbagai macam cara. Misalnya:
a.         Dengan sungai atau air terjun yang memiliki energi kinetik
b.         Dengan energi angin yang dipakai untuk menggerakan kincir angin
c.         Menggunakan accu (energi kimia)
d.        Menggunakan tenaga uap yang dapat digunakan untuk memutar generator listrik
e.         Menggunakan tenaga diesel
f.          Menggunakan tenaga nuklir
Dengan adanya energi listrik dalam kehidupan banyak sekali yang dapat dirasakan, terutama di dalam kehidupan kota-kota besar sebagai penyokong industri yang ada di kota besar tersebut, selain di kota-kota besar bahkan sekarang listrik digunakan sebagai penerangan sampai jauh ke plosok desa.
Di samping dapat di lihat dari kegunaannya , dapat dilihat energi apa saja yang dapat dihasilkan dari energi listrik. Contohnya,untuk menyalakan sebuah lampu penerangan di rumah maka energi listrik diubah menjadi energi cahaya, untuk menggerakan suatu mesin maka energi listrik diubah menjadi energi mekanik.
Sangat jelas bahwa energi listrik benar-benar mempunyai peranaan penting, baik dalam kehidupan rumah tangga maupun di bidang industri.

5.      Energi Kimia
Energi  kimia yaitu energi yang timbul akibat terjadinya  proses atau  reaksi kimia. Energi yang dimiliki manusia diperoleh melalui makanan yang dimakan . Makanan dari pada bahan manusia pada umumnya tersusun atas senyawa kimia yang di dalamnya tersimpan energi kimia.

Jika kedua macam atom karbon dan oksigen tersebut bereaksi akan terbentuk suatu molekul-molekul baru, yaitu karbondioksida. Dengan bergabungnya kedua atom tersebut maka akan memerlukan suatu energi . energi tersebut adalah kalori yang dikenal sebagai energy kimia. Jika kedua atom yang bergabung tersebut yaitu atom karbon dan oksigen dipisahkan maka atom tersebut akan melepaskan energi. Energi  yang terlepas tersebut  adalah eksoterm.

Jadi jelaslah untuk memahami adanya energi kimia melalui reaksi eksoterm di mana berlangsungnya reaksi kimia disertai dengan pembebasan kalori yang disebut energi kimia.


6.      Energi Bunyi
Energi bunyi adalah gelombang  yang  berasal dari sumber bunyi, yaitu benda yang bergetar. Getaran yang selaras akan mempunyai energi dua macam, yaitu energi potensial dan energy kinetik. Dapat ditunjukan bahwa jumlah kedua macam energi pada suatu getaran selaras adalah selalu tetap dan besarnya tergantung massa, simpangan dan waktu getar atau periodenya.

Sebagai contoh adnya energi bunyi atau getaran, yaitu apabila orang melihat jatuhnya sebuah benda dari ketinggian gedung tertentu. Pada saat benda itu jatuh di lantai, energi kinetiknya berubah menjadi energi getaran, yaitu timbulnya suatu getaran pada lantai tersebut yang menimbulkan bunyi. Apabila getaran tersebut sangat besar, akan dapat dirasakan adanya energi getaran, yaitu dengan terlihatnya getaran pada benda-benda lain yang ada di sekitar benda yang jatuh tersebut. Gendang telinga manusia hanya mampu menerima energi getaran yang ditimbulkan oleh sumber getar yang frekuensunya paling rendah 16 getaran per detik (hertz) dan paling besar 20.000 getaran per detik.

7.      Energy Nuklir
Energi nuklir yaitu energi yang dihasilkan oleh reaksi pembelahan inti (fisi) berantai. Energi nuklir diperoleh apabila suatu atom pecah menjadi atom yang lain dan pecahannya tersebut disertai pembebasan energi.  Sumber energy nuklir yang sangat besar adalah uranium. Di dalam reaksi atom, uranium ditembakan dengan neutron sehingga masuk ke inti uranium dan kemudian pecah. Pecahnya atom uranium disertai pembebasan suatu energi yang sangat besar dan dihasilkan juga produk dua neutron baru. Neutron baru tersebut akan menembaki atom uranium lain dan diikuti peristiwa yang sama. Proses itu berlangsung terus-menerus dan disebut sebagai berlangsungnya reaksi beranatai yang sangat cepat dengan pengeluaran energi yang dahsyat.

Energi nuklir juga dapat digambarkan seperti energi yang disimpan di dalam arloji ketika arloji itu diputar. Apabila kunci yang menahan per arloji itu dibuka dengan tiba-tiba, energi yang tersimpan tadi akan keluar semuanya dengan sangat kuat dan arloji tersebut kemungkinan akan rusak. Namun apabila energi tersebut dilepaskan secara perlahan dan disalurkan melalui roda-roda serta mekanisme lainnya, energi tersebut akan memberi manfaat bagi jalannya arloji tersebut. Demikian juga dengan energi nuklir. Apabila tidak dikendalikan dengan baik penggunaannya, bukan tidak mungkin energi nuklir akan membunuh manusia, seperti yang terjadi pada perang Dunia Kedua di mana kota Hirosima dan Nagasaki telah dibom atom oleh Amerika Serikat. Namun, dengan maksud menuju suasana yang damai dan aman, maka energi nuklir dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan hidup orang banyak.

Dengan kemajuan sains dan teknologi, energy nuklir dapat digunakan sebagai berikut ini. Untuk kapal bertenaga nuklir, lokomotif bertenaga nuklir, pesawat terbang bertenaga nuklir, pembangkit listrik tenaga nuklir, dan juga diperlukan dalam dunia kesehatan.

8.      Energi Cahaya atau Cahaya
Energi cahaya terutama cahaya matahari banyak diperlukan oleh tumbuhan yang berdaun hijau. Tumbuhan tersebut membutuhkan energi cahaya untuk proses berfotosintesis. Sebagai manusia juga  yang hidup di dunia ini, kita menerima cahaya utama kita dari matahari, yang memberikan kehangatan, pertumbuhan dan kekuatan.

Dengan kemajuan teknologi, saat ini dapat juga digunakan energi dari cahaya atau sinar yang dikenal dengan sebutan sinar laser. Sinar laser adalah sinar pada suatu gelombang yang sama dan sangat amat kuat. Sinar laser banyak sekali digunakan di dalam banyak bidang, misalnya dalam bidang  perindustrian digunakan dalam pembutan senjata laser yang dapat menembus baja. Sinar laser juga digunakan dalam bidang kesehatan menunjukan bahwa banyak penyakit yang dapat disembuhkan dengan sinar laser.
Seorang sarjana dari Hongaria bernama Meester meneliti bahwa sinar laser yang lemah mempunyai pengaruh yang baik atas proses penyembuhan luka-luka. Sinar laser yang digunakan adalah sebuah laser gas, gas yang dipergunakan adalah helium dan neon.

9.      Energi Matahari
Energi matahari adalah energi yang paling besar dan paling murah di dunia ini. Dapat dikatakan murah karena mnusia d dunia ini tidak perlu membeli untuk mendapatkan energi matahari tersebut. Matahari memancarkan energinya dalam bentuk gelombang-gelombang radiasi. Energi yang dipancarkan matahari besarnya tidak kurang dari 3,8 x 1033 erg setiap dediknya. Di antara jumlah energi matahari yang di pancarkan ke bumi , bumi hanya menerima sedikit di bandingkan dengan seluruh jumlah energi matahari yang dipancarkan  ke tempat lainnya.

Energi matahari dapat juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, di antaranya ialah sebagai tenaga penggerak satelit buatan, proses fotosintesis pada tumbuhan hijau, pembangkit listrik tenaga surya.









BAB 3
Alam Semesta danTata surya.

A.    Alam semesta
Sebagaimana dari suatu kejauhuan dari sinar kegelapan maka pada saat bulan dan langit bebas dari awan, disitu dapat dilihat bintang-bintang  akan tampak atau kelihatan. Apabila menggunakan teropong binocular atau teleskop maka terlihat lebih banyak semakin banyak.menurut pengamatan oleh para ahli astronomi menggunakan alat-alat intrumen mutakhir yang menunjukan dialam semesta bintang yang beredar mengikuti pusat kabut gas pijar yang sangat besar ,dikelilingi bintang yang saling berdekatan satu dengan yang lain (cluster dan nebula gumpalan-gumpalan kabut gas pijar yang lebih kecil dari pusatnya  dan ribuan tebaran bintang, termasuk matahari yang disebut galaksi.galaksi merupakan kumpulan-kumpulan bintang  titik pusat yang diberi nama milky way atau bhima saktidari bumi karena galaksi itu jumlahnya beribu-ribu tidak hanya satu ,diantaranya matahari pusat dari tata surya.sekumpulan dari bintang dalam galaksi bentuknya seperti lensa cembung yang datar atau berbentuk cakram pada garis tengahnya mempunyai panjang 100 cahaya ketebalan nya mencapai 10 tahun cahaya.matahari dan tata surya kita berada pada jarak 30 dari pusat galaksi.galaksi yang terdekat dengan bima sakti adalah andromeda ,yang keduanya  pusat berjarak 1,5 juta tahun cahaya.besarnya jarak-jarak yang disebutkan diatas di artikan sebagai berikut :dalam 1 detik cahaya menempuh jarak 3.10atau 300.000 km.jarak antara bumi dan ke matahari =8.1/3 menit cahaya atau 500 detik cahaya.

B.     Susunan Tata Surya
matahari adalah salah satu dari jutaan bintang-bintang didalam galaksi .menurut perhitungan matahari jaraknya 30 tahun dari pusat bhima sakti .pada zaman yunani kuno seorang ahli filsafat bernama clausius ptolomeus menggemukakan pendapat  bahwa planet-planet mempinyai lintasan berwujud  lingkaran kecil (episikel )garis kecil ini menempuh garis peredaran berwujud lingkaran mengilinggi  bumi yang dam pada pusatnya .selama 14 abad pandangan ini dikenal dengan paham geosentris .pada saat itu pengamatan orang yunani mengenal 5 planet yaitu merkerius,venus,mars ,yupiter dan saturnus .merkerius dan venus itu planet yang ada didalam,sedangkan mars,yupiter,dan saturnus berada pada luar garis edar matahari disebut planet luar .pada abad ke 16 seorang  ilmuan polandia bernama nikolas kopernikus menyatakan bahwa matahari merupakan pusat tata surya yang diedari oleh bumi  serta planet lainya .berdasarkan dari hasil pengamatan tang teliti serta dengan perhitungan sistematis dengan bantuan teropong  dapat diamati lebih banyak planet seperti uranus,neptunus dan Pluto sebagai penunjang berkembangnya  matematika dan fisika pada masa itu.pada tahun 1930 planet yang letaknya sangat ajuh adalah Pluto sampai sekarang planet yang diketahui ada 10 buah ,termasuk bumi dan asteroid atau planetioda.

Selain planet dan satelit terdapat benda angkasa lain yang beredar pada matahari  juga terdapat komet-komet ,meteor-meteor ,debu dan gas anatar planet .tata surya adalah tempat dimana benda langit menggelilingi matahari sebagai pusat karena dapat memancarkan cahaya sendiri.planet-planet dan satelit tidak dapat memancarkan cahaya sendir.planet dapa dibedakan dengan bintang ,karena kedudukan planet selalu berubah  -ubah dari waktu kewaktu terhadap bintang-bintang .

Merkurius dan venus berada diantara bumi dan matahari disebut planet dalam .planet mars ,asteroida  ,yupiter,saturnus ,Uranus ,neptunus dan Pluto yang beredar di luar garis peredaran bumi disebut planet luar .melalui lintasan atau orbit  yang bentuknya elips dan salah satu titik fokus  untuk planet yang menggelilingi matahari .sehingga peredaran yang menggelilingi matahari disebut revolusi , berbeda halnya dengan planet yang beredar menggelilingi matahari disebut rotasi adanya gerakan yang menimbulkan terjadi siang dan malam.pada dasarnya gerakan  antara revolusi dan rotasi itu berlawanan dengan arah jarum jam atau dari timur kebarat .kala revolusi adalah waktu satu putaran revolusi untuk bumi adalah 1 tahun (365 ¼ hari ) .kalau kala rotasi adalah waktu satu putaran rotasi 1 hari (24 jam ).

C.      Bagian –bagian tata surya
Komponen-komponen matahari yang bergerak menggelilingi pusat galaksi terbagi atas :
a.       Matahari
Adalah anggota dari tata surya yang  paling besar dimana terdapat 98% tata surya yang terkumpul pada matahari ,disamping sebagai pusat dari peredaran matahari merupakan pusat sumber dari tata surya.matahari terdiri dari 3 lapisan kulit dan inti ,masing-masing fotosfer, chromosfer, dan carona yang suhunya mencapai jutaan derajat Celsius  dan tekananya ratusan juta atmosfer .kulit fotosfer suhunya adalah kurang lebih 6000 derajat C yang dapat memancarkan cahaya.

Menurut J.R Meyer ,panas matahari berasal dari batu meteor yang berjatuhan dengan kecepatan yang tinggi  pada permukaan matahari.panas itu berasal dari menyusutnya bola gas menurut teori kontraksi H.helmholz,ahli lain menyatakan penyebab dari panas berasal dari reaksi nuklir yang disebut hydrogen belium sintesis. Dimuka bumi ini keberdaan matahari sangat lah penting karena matahari adalah :
1.      Sumber energy yang terdapat pada dalam batubara dan minyak bumi juga berasal dari matahari.
2.      Untuk mengontrol stabilitas dari peredaran bumi sehingga dapat mengetahui terjadinya siang malam ,bulan ,tahun dan peredaran planet lainya.
3.      Matahari merupkan bintang yang terdekat untuk  mengetahui bintang-bintang lain

b.      Planet merkurius
merupakan planet terdekat dan terkecil dengan matahari ,merkurius tidak mempunyai satelit atau  bulan yang tidak mempunyai guna.perbandingan antara cahaya dipantulkan dan diterima matahari sebesar 0,07 planet ini termasuk albedo.ini berarti 0,93 atau 93% diserap oleh matahari menyebabkan matahari sangat panas .apabila tidak menghadap matahari maka akan dingin sekali karena tidak air dan udara maka diperkirakan tidak ada kehidupan sama sekali.rotasi dalam waktu 58.6hari siang dan malam harinya sama –sama 28 hari jadi merkerius itu mengelilingi matahari dalam waktu 88 hari.

c.       planet venus
Ini adalah planet urutan kedua planet yang terdekat dengan matahari dan lebih kecil dari bumi ,planet ini dikenal dengan istilah bintang kejora karena bersinar terang pada waktu pagi hari dan sore hari besarnya hamper sama dengan bumi  dengan bumiyakni bergaris tengah 12.320km sedangkan bumi bergaris tengah 12.640 serta  rotasi venus kuarang lebih 247 hari dan revolusi 225 hari atau 1 tahun besar nya hamper sama  mengelilingi matahari, mempunyai albedo 0,8 atau 20 % cahaya matahari yang diserap .planet ini diliputi oleh awal tebal (atmosfer)kemungkinan terjadi melalui karbondioksida tetapi tidak mengandung uap air dan oksigen.

d.      planet bumi
Bumi menepati urutan ketiga dengan matahari ukuran nya hanpir sama dengan venus bergaris tengah 12.640km jarak antara bumi dan matahari 149 juta km .
·         gerak rotasi bumi
besarnya 1/300 sehinggabumi dapat dibentuk seperti bola titik pusatnya berimpi pada titik pusat bola langit sehingga sumbunya menembus permukaan bumi di ktub utara dan selatan ,beranggapan bahwa bola langit diam atau statis apabila bumi berputar pada sumbunya dari barat ke timur ini berarti sama dengan rotasi bumi dengan arah revolusi yaitu dari barat ke timur ini menyebabkan bahwa di irian matahari lebih dulu terbit dari pada dijawa .rotasi bumi 360 derajat ditempuh selama 24 jam jadi setiap derajat di tempuh 4 menit yang tidak dapat di saksikan .

·         akibat rotasi bumi
-          gerak semu harian dari matahari yang kita amati adalah bulan,matahari,bintang serta benda-benda langit lainnya sehingga matahari terbit dari timur dan tengelam dari barat.
-          adanya pergantian siang dan malam ,sebagian  dari bola bumi menrima sinar matahari siang dan sebagian lagi menerima kegelapan malam batas siang dan malam ini adalah sebuah lingkaran di sekeliling bumi.
-          penyimpangan arah angin ,arus laut diterangkan oleh hokum baylot arus angin tidak bergerak lurus tetapi lebih mengarahkan kekanan bagi belah bulatan utara tetapi lebih mengarah ke kiri bagi belah bulatan selatan ,hokum ini tidak hanya berlaku pada hokum hawa saja tetapi bagi arus laut dan sungai
-          pengelembungan di khatulistiwa serta pemepatan di kedua ktub bumi
-          munculnya  gaya sentrifugal menyebabkan pemepatan bumi dan pengurangan gaya tarik hingga arah vertical yg tidak dapat menunjukan titik pusat bumi  ,kecuali khatulistiwa dan di kutub
-          adanya pasang surut air dalam sehari semalam sebanyak dua kali
-          perbedaan waktu  dan tempat berbeda dengan derajat busurnya

·         gerak revolusi dari bum
beredar selama waktu satu tahun mengelilingi matahari teryata sama dengan arah ekliptika ini besarnya 23 ½ derajat terhadap biadang ekliptika tersebut .adapun akibat dari revolusi bumi ialah
1.      pergantian 4 musim ,yakni disebelah utara garis balik utara (23 ½ lu).
2.      perubahan lamanya  siang dan malam
3.      terlihatnya rasi (konstelasi )bintang yang beredar dari bulan ke bulan
Lintasan bumi dalam revolusi itu terhadap matahari adalah orbit.menurut hokum Keppler pertama disetiap orbit –orbit planet termasuk orbit bumi memikliki bentuk elps karena matahari berada pada salah satu  titrik api (focus)dari elips itu titik lintasan yang terdekat dengan titik focus berada dimatahari disebut aphelium .
·         gaya gravitasi terrestrial dari bumi
bumi mempunyai gaya gerak dan gaya berat .gaya tari bumi disebut gaya gravitasi teressterial bumi.gaya gravitasi bumi menyatakan bahwa benda dimuka bumi memiliki bobot  yang dapat di ukur besar gaya tarik bumi.agar atmosfer tidak hilang terbang kealm semesta  maka memerlukan  gaya gravitasi teresterial.bumi ini bukanlah  mahluk raksasa,maka setiap medan magnet beserta garis-garis dapat bekerja disekitar bumi ,beripmitan kutub utara magnet bumi kutub selatan geografis bumi maka semakin kendekatim kea arah salah satu kutub bumi maka semakin besar bobot sesorang atau materi itu jadi kedua gaya gravitasi itu paling besar.
·         Waktu
waktu itu kita kenal satu hari satu malam yang lamanya 24 jam .waktu 24 jam ini adalh sehari semalam solar (matahari)membuat suatu revolusi lengkap yang didasarkan pada gerak semu matahari .sehari semalam sederal atau sideris waktu bintang didasarkan menebarnya titik aries antara 2 saat berturut-turut .sehari semalam solar ,4 menit lebih lama dari sehari semalam sideris tujuan agar kita menggunakan waktu solar atau matahari.kalau untuk astronomi atau perjalanan antarplanet lebih baik menggunakan waktu sideris.tahun solar terdiri dari 12 bulan dan lamanya 354 hari .tahun lunar adalh tahun dimana bergantinya musim sehingga ketidak sesuaian bagi keperluan masyarakat .seperti pertanian ,perkebunan .ketika nabi Muhammad Saw pindah dari mekah kemadinah bulan dibagi menjadi 12 bulan ,bulan pertama ialah bulan muharam selama 30 hari yg kedua safar selama 29 hari dst.tahun kabisat 355 hari menambah 1 hari bulan ke 12 maka 30 tahun sekali diadakan 11 kali kabisat ialah tahun yang kedua 2,5,7,10,13,16,18,21,24,26,dan 28 jadi bulan hijriah rata-rata ada 29.53055 hari berselih 0.00004 hari sebulan atau sehari dalam kurang lebih 2080 tahun komariah.perhitungan hari pecan dijawa dengan perhitungan lain ukura an yang dipakai sbb:
1)         satu minggu dari lima hari pasaran ini adalah legi,paing,pon,wage dan kliwon
2)         satu minngu dengan 6 peringkelan digunakan untuk mencari hari baik dan buruk
3)         satu minggu ada 7 hari yakni senenn ,selasa,rabo,dst.nama hari minggu berasal dari bahas arab yang artinya hari pertama ,kedua,ketiga dst satu minggu dari 7 hari adalah pecan yang umum dipakai seluruh dunia.dengan adanya nama hari dari planet ,bulan,matahari disebut satu minggu planaritis .berikut adalah benda-benad langit yang disesuaikan dengan nama lain hari dalm sansekerta ,jawa,dan inggris
Benda langit : hari matahari,hari bulan ,hari mars,hari merkurius ,hari yupiter,hari venus ,hari saturnus Sansekerta      : aditya,soma,anggara,bunda,wrespati, cukra ,sanaiscara,
Jawa kawi   :dite,soma,anggara,buda,respati,sukra,tumpak Inggris             : Sunday,Monday,Tuesday,Wednesday,Thursday,Friday,Saturday
4)         satu minggu dari 210 hari adalah gabungan dari jumlah hari minggu,peringkelan ,pasaran terdiri dari 30 wuku.
5)         satu minggu dari 8 tahun yang disebut windu
6)         satu minggu dari seratus tahun disebut abad.

·         tahun penanggalan
menyatakan bahwa bangsa mesir kuno ,sumeria dan bangsa hindu memiliki perhitungan waktu didasarkan pada revolusi bumi dan tahunnya disebut tahun matahari .tahun kabisat adalah tahun yang keempat ditambah 1 hari dinamakan kalender Julian 365,25 hari,tahun sideris jarak waktuantara dua kedudukan yang sama secara berurut terhadap satu bintang yang tetap .jenis tahun kedua ialah tahun tropis dmana jarak  kedudukan sama berurut matahari terhadap titik hamal (ram 0ialah titik langit pada musim yang ditempati matahari pada tgl 21 maret permulan dari musim bunga bagi bagian utara.menurut chavius  dalam hitungan nya susah untuk menentukan hari paskah karena adanya perbedaan hari jika musim semi  berbeda 10 hari dari perhitungan .pada abad ke16  paus menyatkan bahwatahun kabisat itu merupakan angka tahun yang dapat dibagi menjadi empat dan angka abad nya dibagii 400 dan 100 sekaligus .bulan merupakan satelit yang jaraknya dengan bumi =384.000km diametrnya 3456 km .bulan mengadakan revolusi dan rotasi dengan kecepatan yang sama diantara keduanya .bulan tidak mempunyai atmosfer dan sinar  sehingga orang berhasil mendarat ke bulan untuk memperoleh data yang banyak.

e.       planet mars
Berwarna kemerahan yang di perkirakan mengandung banyak besi oksigen apabila oksigen masih ada maka  jumlahnya sedikit.dipermukaan planet ini didapatkan warna-warna hijau ,biru .sawo matang yang selalu berubah sepanjang tahun dapat mengakibatkan perubahan musim dan memungkinkan terdapat lumut dan tumbuhan tingkat rendah .diidentifikasi menunjukan bahwa planet mars ada uap air walaupun jumlahnya sedikit .adapun pendapat para ahli menyatakan perubahan permukaan planet di sebabkan oleh angin pasir bukan organisme .Jarak antara planet mars dengan  matahari  ialah 226,48 juta km garis tengah adalah 6272 km dan revolusinnya 1,9 tahun ,rotasi 24 jam 37 menit.

f.       planet yupiter
Planet terbesar yang mengadung metana dan amoniak yang banyak mmengadung gas hydrogen ,albedonya 0,44dan mempunyai kurang lebih 14 satelit atau bulan .bergaris tengah 138.560 km,rotasinya sangat cepat 10 jam berbeda dengan bumi yang 24 jam sehingga.bintang tampak pada tengah malam dengan terang .pada bagian equator mengembang dan membentuk sabuk .masa dari planet ini besar hampir tiga ratus kali masa bumi  dan gravitasinya 2,6 kali,oleh sebab itu planet ini mempunyai daya tarik yang kuat sehingga memiliki 12 satelit dan beredar berlawanan dengan arah dengan 9 lainya.

g.      planet saturnus
Merupakan planet terbesar sesudah yupiter ,Planet ini berupa gas yang terdiri dari metana dan amoniak dengan suhu rata-rata 103 derajat C. Saturnus mempunyai masa jenis yang lebih kecil dari air yaitu 0,75 g/cm 3 sehingga mudah terapungbila diletakan di air bergaris tengah 118.400  .kecepatan mencapai 10 jam ,planet ini merupakan planet yang mempunyai ccinci sabuk raksasa yang memperkuat teoti tidal.kecualinsabuk saturnus berkembang dan merapat pada permukaan planet 15 tahu sekali.

h.      planet neptunus
Memiliki 5 satelit berbeda dengan planet lain serta arah rotasi 10 jam 47 detik Uranus dari timur kebarat dan jarak pad matahari adalah 2860 juta dalam waktu 84 tahun mengelilingi matahari ,planet ini ditemukan pada tahun 1781 oleh  Herschel dan keluarga dengan tidak sengaja mereka mengamati saturnus.bergaris tengah 50.560 km,berdasarkan pengamatan pesawat voyager pd bualn januari 1986 terdapat 14 buah stelit pada Uranus.

i.        planet neptunus
Neptunus hanya mempunyai 2 satelit  salah satu diantaranya disebut triton beredar berlawanan dengan arah serta rotasi dari neptunus jarak tempuh 4470  juta km dari  mengelilingi matahari   Planet ini ditemukan pada tahun 1846 ketika para astronom mengamati planet Uranus yang agak menyimpang orbit yang saling mempengaruhui

j.        planet Pluto
Plot merupakan planet terjauh dari matahari planet ini diketahui pada tahun 1930 .pluto juga disebut sebagai tran neptunus karena diduga bagian dari neptunus yang terlepas suhu diperkrakan mencapai -2000derajat Ckarena jaraknya sangat jauh dengan matahari mencapai kurang lebih 5811 juta km.
D . Benda-benda lain dalam Tata Surya
1.      Planetoida atau Asteroida
Tahun 1801 , Piazzi ,astronom italia menemukan benda langit berbentuk bulat dan kecil yang beredar mengelilingi Matahari , benda-benda itu yang disebut planetoida atau “bukan planet” sebanyak ± 2000 buah.

2.      Komet atau Bintang Berekor
Meski disebut bintang berekor tetapi komet bukanlah bintang . Komet mengelilingi Matahari dan menerima energi dari Matahari.  Komet adalah bongkahan-bongkahan batu yang deselimuti oleh kabut gas. Semakin dekat komet dengan Matahari maka semakin panjang ekor komet . Ekor komet terdiri dari CO, CH2  dan gas labil CH2 , NH2 serta OH .
Lintasan komet lonjong dan tidak selalu berada pada bidang ekliptika ,beredar secara periodik.

3.      Meteor atau Bintang Beralih
Tergolong anggota Tata Surya , beberapa anggapan menduga meteor berasal dari letusan di bulan ,ada juga yang menduga meteor berasal dari debu komet yang terlepas , oleh sebab itu jika meteor memasuki atmosfer Bumi akan timbul panas dan nampak berpijar karena gesekan dan akan hancur sebelum permukaan bumi karena suhu yang tinggi.

4.      Satelit
Satelit merupakan pengiring planet, beredar mengelilingi planet dan sama-sama mengelilingi Matahari .

E. Asal Usul Tata Surya
Berikut teori-teori tersebut :
1.      Teori Tidal atau Pasang Surut
Pada tahun 1919 James Jean dan Herold mengemukakan teori yang disebut pasang surut. Teori ini menyatakan bahwa jutaan tahun yang lalu sebuah bindang bergerak mendekati Matahari dan kemudian menghilang, pada saat yang bersamaan pula ada bagian dari Matahri yang terlepas dan terbentuklah planet-planet.

2.      Teori Bintang Kembar
Menurut teori ini, galaksi berasal dari kombinasi bintang kembar, salah satu bintang belum stabil sehingga meledak . Dan bintang  yang tidak meledak adalah Matahari yang  mempunyai gravitasi yang kuat , maka pecahan ledakan bintang yang belum stabil  itu mengelilingi Matahari.

3.      Teori Nebular
Hipotesis Nebular pertama kali dikemukakan oleh Immanuel Kant dan Simon de Laplace pada tahun 1796, Menurut teori ini, ada kabut gas dan debu (nebule) yang terdiri dari Hidrogen dan Helium. Nebule memenuhi ruang alam semesta, karena proses pendinginan kabut gas tersebut meyusut dan mulai berputar, membentuk  semacam cakram dan sebagian materi itu mengumpul pada pusat cakram maka terbentuklah Matahari ,dan sisanya membentuk planet beserta satelitnya.

4.      Teori Big Bang
Teori ini dikembangkan oleh G. Lemaitre, menurut teori ini pada awalnya alam semesta merupakan sebuah primeval atom yang berisi materi-materi padat . Dan atom ini kemudian meledak seluruh materinya terlempar ke ruang alam semesta. Timbul dua gaya yang bertentangan yaitu garvitasi dan replusi kosmis ,dari kedua gaya tersebut replusi kosmis lebih dominan sehingga alam semesta akan terus berkembang , dan suatu hari nanti akan berhenti berkembang.

5.      Teori Creatio Continua
Teori ini dikemukakan oleh Fred Hoyle, Bendi, dan Gold . Menurut teori ini alam semesta tidak pernah bermula dan tidak akan berakhir ,akan tetap ada untuk selamanya.

6.      Teori G.P Kuiper
Pada Tahun 1950 . G.P Kuiper mengajukan penyempurnaan atas teori-teori sebelumya yang mengandaikan bahwa Matahari serta semua planet berasal dari gas purba yang ada di ruang angkasa. Kabut gas menyatu dan menjadi masa yang padat, disebabkan oleh gravitasi antar molekul dalam kabut tersebut . gumpalan gas padat berada ditengah yang menjadi matahari sedangkan gumpalan-gumpalan kecil yang ada dipinggirnya menjadi bakal planet .





 




Post a Comment for "Makalah Ilmu Alamiah Dasar"